Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu dan PWI Mojokerto Teken Kerjasama - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional -->

Tingkatkan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu dan PWI Mojokerto Teken Kerjasama

Mojokerto-(satujurnal.com)

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Mojokerto dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Mojokerto dan  menjalin kerjasama dalam hal pengawasan partisipatif pada pemilihan umum. 

Kerja sama itu dituangkan dalam sebuah nota kesepakatan (MoU) yang diteken Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto Aris Fahrudin Asy'at dan Ketua PWI Mojokerto Diak Eko Purwoto dalam rangkaian acara media gathering bertajuk "Peran Media Massa Dalam Pengawasan Partisipatif" di kantor Bawaslu setempat, Rabu (5/5/2021).

 “Nota Kesepakatan ini sebagai landasan bersama Bawaslu Kabupaten Mojokerto dan PWI Mojokerto untuk menjalankan pengembangan pengawasan pemilu partisipatif melalui media serta bertujuan untuk mengoptimalkan pencapaian pengawasan partisipatif dengan mengedepankan pencegahan sekaligus untuk melatih masyarakat agar timbul kesadaran dan berpartisipasi pada seluruh tahapan pelaksanaan pemilu dan pemilukada," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Mojokerto Aris Fahrudin Asy'at.

Ditandaskan Aris, kerjasama yang dituangkan dalam nota kesepakatan bukan basa-basi, namun merupakan kerjasama yang dilandasi kepentingan moral dalam rangka membangun pemilu yang berkualitas dan berkeadilan. 

“Bawaslu punya kepentingan dalam mengoptimalkan program-program pengawasan partisipatif dalam Pemilu serentak 2024 mendatang. Peran sentral ada di tangan media massa. Maka melalui tugas dan fungsi masing-masing kita sinergikan dalam mengawal proses demokratisasi,” cetusnya.

Selain itu juga, sambung Aris, melalui kesepakatan yang dibangun, bisa saling berkoordinasi memberikan informasi terkait sesuatu yang berhubungan dengan pemilu dan ketentuan pemilihan.

Kegiatan yang dijalankan, ujar Aris lebih lanjut, diantaranya sosialisasi pengawasan pemilu dan pemilihan, penyediaan narasumber seminar, rakor, focus group discussion, diskusi publik, dan bentuk kegiatan lain yang berkaitan dengan kepemiluan. 

Ketua PWI Mojokerto Diak Eko Purwoto menegaskan kerja sama dengan Bawaslu Kabupaten Mojokerto dengan insan pers sejatinya sudah berlangsung lama, seiring berjalannya proses pemilu. 

“Kerjasama (insan pers) dengan Bawaslu sebenarnya bukan hal baru. Apalagi soal pengawasan dalam tahapan pemilu.Namun kerja sama kali ini diformalkan dalam bentuk MOU, sehingga diharapkan bisa lebih optimal lagi dalam mencegah berbagai potensi pelanggaran dari tahapan pemilu,” katanya. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional