5 Warga Kota Mojokerto Positif Covid-19, 39 Kontak Erat Dites PCR - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

5 Warga Kota Mojokerto Positif Covid-19, 39 Kontak Erat Dites PCR


Mojokerto-(satujurnal.com)

Pemerintah Kota Mojokerto menggelar tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR) bagi 39 warga lingkungan Sidomulyo, Kelurahan Mentikan, Kecamatan Prajurit Kulon, Senin 14 Juni 2021. 

Mereka yang menjalani tes swab PCR tersebut terdeteksi memiliki riwayat  kontak erat dengan 5 warga setempat yang terkonfirmasi Covid-19 yang saat ini tengah menjalani perawatan di rumah observasi Rusunawa Cinde.

“Hari Minggu 13 Juni 2021 kita evakuasi 5 orang warga lingkungan Sidomulyo Kelurahan Mentikan yang terkonfirmasi Covid-19 ke rumah observasi Rusunawa Cinde untuk menjalani perawatan. Dan kemarin ditindaklanjuti perluasan tracing dari 5 orang yang positif Covid-19. berdasarkan hasil tracing, diketahui ada 39 warga yang melakukan kontak erat, sehingga untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, mereka harus diswab PCR," kata PIC (person in charge) Komunikasi Publik Vaksinasi Covid-19 Kota Mojokerto, Gaguk Tri Prasetyo, Selasa (15/6/2021).

Karena, lanjut Gaguk, dari hasil tes swab PCR terhadap puluhan warga tersebut akan dilakukan analisis untuk menghentikan laju transmisi serta mengurangi jumlah orang baru yang terinfeksi oleh virus.

Namun, meski tingkat akurasi tes PCR cukup tinggi, tetapi pemeriksaan ini membutuhkan waktu yang cukup lama hingga hasilnya keluar, yaitu sekitar 1–7 hari, sehingga sampai saat ini hasil tes belum diketahui. 

“Kita harapkan hari ini hasil tes swab PCR bisa diketahui, agar tindak lanjutnya bisa lebih cepat,” cetus Kadis Kominfo Kota Mojokerto tersebut. 

Pihaknya juga tengah memperdalam riwayat pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19. Jika kelima pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 karena sering beaktifitas di luar kota, maka perlu diketahui status kota itu sendiri. 

“Karena kalau itu kota dengan zona merah atau terindikasi kasusnya tinggi, maka perlu antisipasi lebih jauh (bagi Kota Mojokerto),” tandasnya.

Ia kembali mengingatkan pentingnya  vaksinasi Covid-19 .

"Vaksinasi bertujuan menciptakan  herd immunity (kebalan kelompok ) dan kekebalan individu terhadap virus Covid-19. Maka semua orang harus mendapatkan vaksin, baik yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19 maupun yang tidak," katanya.

Pun kewaspadaan masyarakat terhadap covid-19 harus ditingkatkan dengan disiplin protokol kesehatan 5M.

"Dan bila ada gejala seperti flu, apalagi ada di sekitar  yang terkonfirmasi covid-19, maka harus segera periksa ke puskesmas atau rumah sakit terdekat, sehingga penanganan bisa lebih cepat," ujarnya.

Ditambahkan Gaguk, untuk keterisian rumah observasi Rusunawa, saat ini terisi 23 pasien termasuk 1 orang PMI atau bed occupancy rate (BOR) atau persentase pemakaian tempat tidur sebesar 35,94 persen. 

Lebih jauh Gaguk menjelaskan, diketahuinya 5 orang warga lingkungan Sidomulyo Gang 4 Kelurahan Mentikan terkonfirmasi positif Covid-19 bermula dari informasi dari kelurahan setempat berdasar laporan dari Kapolsek Sooko, Kabupaten Mojokerto, Kamis 10 Juni 2021 lalu, bahwa ada 5 orang warga yang sakit namun tidak berani melapor. 

Informasi tersebut ditindaklanjuti dengan tracing hari berikutnya., Jum’at 11 Juni 2021. Hasil tes swab PCR terhadap 5 orang warga. Hasilnya, 4 orang dinyatakan positif Covid-19. Yakni H (laki-laki), 59 tahun, S (laki-laki), 31 tahun, K (perempuan), 41 tahun dan S (perempuan), 67 tahun. Sedangkan hasil tes PCR terhadap S (laki-laki), 62 tahun belum keluar.

Dalam waktu yang sama dilakukan rapid antigen 6 orang, dengan hasil 5 orang negatif, dan 1 orang positif antigen, yakni A, (laki-laki), usia 41 tahun. 

Selang sehari, 12 Juni 2021, diketahui M (laki-laki) usia 74 tahun warga Sidomulyo  4 yang masuk RS Gatoel Kota Mojokerto meninggal hari itu juga. Hasil rapid antigen positif, namun hasil tes swab PCR belum keluar. (HMS)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional