Hadapi PPKM Darurat, Ketua Dewan Ajak Masyarakat Patuhi Prokes - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Hadapi PPKM Darurat, Ketua Dewan Ajak Masyarakat Patuhi Prokes


Mojokerto-(satujurnal.com)

Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto berharap agar kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Kota Mojokerto dapat berjalan efektif di lapangan. Ia pun mengajak semua pihak untuk mendukung dan mensukseskan PPKM Darurat. 

“PPKM yang merupakan upaya pemerintah untuk mencegah, mengendalikan dan menekan penularan wabah Covid-19. Maka kita semua harus satu langkah dalam upaya pencegahan dan upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Harapan kita semua, kebijakan pemerintah ini bisa berjalan dengan efektif sehingga bisa segera bisa keluar dari krisis,” kata Sunarto, disela-sela membagikan spray sanitizer untuk warga, Senin (20/7/2021).


Menurut Itok, sapaan karib Sunarto, pemerintah terpaksa memilih prioritas penanganan kesehatan dan pencegahan pandemi dengan menerapkan PPKM meskipun berdampak terhadap turunnya aktivitas perekonomian. Namun jika muncul kesadaran kolektif akan pentingnya penerapan PPKM, ia meyakini angka penularan Covid-19 akan menurun secara sifnifikan.

Politisi senior PDI Perjuangan ini pun meminta agar aparat dan Satgas Covid-19 mencegah dan mengendalikan semua kegiatan yang berpotensi penularan Covid-19.  Pun meminta Pemkot agar memastikan semua bisa terlayani dengan memperkuat sistem pelayanan dan kemudahan akses faskes.

“Kita harus gotong royong, saling dukung, saling melengkapi saling menguatkan,” ajaknya.

Ia menilai masyarakat memiliki peran penting dalam menurunkan angka Covid-19. Perilaku masyarakat menjadi bagian penting dalam menurunkan pandemi COVID-19. Maka prokes 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilisasi dan interaksi) harus benar-benar diterapkan. 

“Selain peran masyarakat yang berpengaruh dalam penurunan angka Covid-19, perlu dimaksimalkan upaya 3T (testing, tracing, dan treatment) dan vaksinasi secara masif untuk mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity,” cetusnya.  (one/adv)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional