Sidak Pasar Jelang Idul Adha, Ning Ita Pastikan Kebutuhan Pokok Aman - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional -->

Sidak Pasar Jelang Idul Adha, Ning Ita Pastikan Kebutuhan Pokok Aman

Mojokerto-(satujurnal.com)

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Tanjung Anyar memastikan ketersediaan bahan kebutuhan pokok menghadapi Hari Raya Idul Adha, Rabu (14/7/2021).

Bersama Kapolres Mojokerto Kota ,AKBP Rofiq Ripto Himawan, Ning Ita, sapaan karib Wali Kota Ika Puspitasari, memantau ketersediaan dan harga bahan pangan pokok di pasar tradisional terbesar di Kota Mojokerto tersebut. 

Dari hasil sidak diketahui jika stok kebutuhan pokok di pasar yang jujugan para pedagang dari pasar lain untuk kulakan itu masih stabil. 

"Sampai saat ini harga-harga kebutuhan dasar, seperti daging ayam dan daging sapi masih stabil. Artinya PPKM Darurat yang diberlakukan pemerintah menjelang Idul Adha tidak berpengaruh terhadap harga-harga kebutuhan dasar masyarakat,” kata Ning Ita. 

Pasokan kebutuhan pokok pun disebutnya masih aman, kendati terjadi pengetatan di sejumlah ruas jalan. Bisa demikian karena angkutan sembako masuk kategori sektor kritikal sehingga pasokan kebutuhan dasar tetap aman, tanpa terkena aturan pengetatan. 

Menurut Ning Ita, pemberlakuan PPKM Darurat juga berpengaruh terhadap daya beli masyarakat akibat pembatasan jam operasional dan akses jalan. Namun, sejauh mana penurunan daya beli, pihaknya mengaku belum mendapatkan data secara periodik dari Badan Pusat Statistik (BPS).

“Alhamdulillah semua taat, semua patuh, masyarakat kita menerima apa yang sudah ditetapkan oleh pemerintah,” ujarnya.

Setelah sidak pasar, Ning Ita melanjutkan sidak ke pedagang hewan kurban di kawasan Wates, Kecamatan Magersari, memastikan standar dan kelayakan hewan kurban. “Semua hewan kurban yang dijual harus ada sertifikat dari dinas terkait menyangkut kesehatan dan kelayakannya,” tukasnya. (ank)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional