Ning Ita Ajak Insan Koperasi Manfaatkan Teknologi Informasi - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ning Ita Ajak Insan Koperasi Manfaatkan Teknologi Informasi


Mojokerto-(satujurnal.com)

Puncak Acara Hari Koperasi Nasional Ke-74 di Kota Mojokerto dihelat secara daring dan luring di Pendapa Sabha Kridatama Rumah Rakyat, Jalan Hayam Wuruk Nomor 50 Kota Mojokerto, Sabtu (25/9/2021). 


Wali kota sekaligus Ibu Koperasi Kota Mojokerto, Ika Puspitasari dalam sambutannya menyampaikan bahwa seiring dengan era revolusi industri 4.0 menuju revolusi 5.0, setiap sektor kehidupan harus sudah mengadopsi pemanfaatan teknologi informasi.

"Termasuk koperasi sebagai soko guru ekonomi nasional tentu tidak boleh ketinggalan dalam penggunaan teknologi informasi," ujarnya.

Ia mengajak seluruh insan koperasi di Kota Mojokerto untuk mengimplentasikan tema hari koperasi yakni 'Transformasi Digitalisasi Koperasi Menuju Bisnis Modern Yang Kuat dan Bermartabat' dalam pelaksanaan gerakan koperasi di Kota Mojokerto.

"Terutama di masa pandemi, pemanfaatan teknologi informasi adalah salah satu cara untuk memutus penyebaran Covid-19 dan menggerakkan perekonomian. Misalnya, melalui digitalisasi dalam pemasaran dan digitalisasi dalam proses transaksi pembayaran," tegasnya.

Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota menegaskan, di era industri 4.0, bahkan menuju revolusi ke 5.0, maka koperasi sebagai soko guru nasional tidak boleh ketinggalan, harus ikut mengadopsi pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatannya.

“Sudah saatnya koperasi harus mengambil peran penting dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan perkoperasian. Era digital yang menuntut pelayanan serbacepat dan mudah, sudah saatnya koperasi dalam melayani anggotanya bisa memberikan kemudahan dengan memanfaatkan teknologi informasi,’’ tegasnya.

Sebagai kota perdagangan dan jasa, diharapkan koperasi yang merupakan salah satu sektor pemberi layanan jasa bisa mengambil bagian sebagai penggerak ekonomi di Kota Mojokerto. 

’’Saat ini kita akan berupaya secara maksimal, bagaimana melalui program-program pemerintah bersinergi dengan seluruh insan koperasi untuk menguatkan ekonomi yang ada di daerah,’’ cetusnya. 

Pada acara puncak Hari Koperasi Ke-74  digelar Grand Final Duta Koperasi Kota Mojokerto  2021.

Aldi Prawiranugraha (24), Mahasiswa Hukum di Universitas Negeri Jember (UNEJ) dan Wienda Ayu Wardani (20), Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dinobatkan sebagai Duta Koperasi Kota Mojokerto 2021.

Aldi berhak menyandang status jawara setelah berhasil menjawab pertanyaan dari Ning Ita terkait strateginya dalam upaya menggaet kaum milenial agar tertarik dalam dunia perkoperasian.

Sedangkan Wienda, sukses menjawab pertanyaan sulit dari Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Mojokerto, Ani Wijaya terkait strateginya untuk bisa membawa koperasi Kota Mojokerto lebih mengikuti perkembangan zaman sehingga tak tertinggal jauh dengan badan usaha lainnya.

Pada kesempatan ini, juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Kepala Diskoukmperindag, Ani Wijaya dengan Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Mojokerto, Zulkarnain Mahading yang disaksikan oleh Wali kota Ning Ita. Sekaligus penyerahan secara simbolis kartu keikutsertaan program BPJS kepada Koperasi Wikarya dan Kopwan melati Sejahtera serta penyerahan klaim santunan kematian.

Turut hadir Wakil Wali Kota Mojokerto, Achmad Rizal Zakaria beserta Ketua TP PKK, Nur Chasanah, Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto,  Sekretaris Daerah Gaguk Tri Prasetyo, Kepala Diskopukmperindag Ani Wijaya serta perwakilan pengurus Koperasi se-Kota Mojokerto. (one/adv)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional