Pabrik Textile PT Mertex Mojokerto Terbakar, Diduga Akibat Ledakan Alat Press - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pabrik Textile PT Mertex Mojokerto Terbakar, Diduga Akibat Ledakan Alat Press

Mojokerto-(satujurnal.com)

Kebakaran hebat melanda pabrik textile PT Mertex Indonesia di jalan raya Bypass Desa Lengkong, Kecamatan Mojoanyar, Rabu, (8/9/2021) siang.

Beberapa unit mobil pemadam kebakaran (PMK) dikerahkan untuk menjinakkan si jago merah dibantu sejumlah relawan.  


Ledakan alat press di bagian spinning diduga kuat sebagai biang kebakaran pabrik yang berada di jalur Mojokerto  Jombang tersebut.

Ludfi Ariyono, Plt Kepala BPBD Kabupaten Mojokerto mengatakan, insiden kebakaran di pabrik tekstil terbesar di Mojokerto itu terjadi tengah hari. 

“Sekitar pukul 13:45 WIB kami mendapat laporan kejadian kebakaran di PT Mertex Indonesia dari salah satu karyawan pabrik,” ungkap Ludfi. 

Ujar Ludfi, penyebab kebakaran diduga akibat ledakan alat press di bagian spinning yang menyebabkan percikan api dan merembet ke area sekitarnya hingga muncul bubungan asap tebal terlihat di atas area pabrik tekstil itu. 

“Kobaran api yang berasal dari ledakan alat pres spinning merembet ke bangunan gudang, mesin produksi, dan juga membakar bahan baku produksi, hingga bahan jadi produksi tekstil,” terangnya. 

Namun demikian, Ludfi mengatakan luas bangunan yang terbakar hingga kini masih belum diketahui. Lantaran, masih dilakukan pemadaman.

"Untuk luas area yang terdampak masih belum diketahui. Begitu juga tafsiran Kerugian, masih belum diketahui. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, tapi saat ini api masih dalam proses pemadaman," pungkasnya. 

Hingga pukul 16.00 WIB, asap hitam tebal masih tampak mengepul dari lokasi kebakaran. (ank)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional