Punya Alat Baru, PMI Kota Mojokerto Kini Bisa Produksi Plasma Konvalesen Mandiri - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Punya Alat Baru, PMI Kota Mojokerto Kini Bisa Produksi Plasma Konvalesen Mandiri


Mojokerto-(satujurnal.com)

Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Mojokerto kini mampu secara mandiri memproduksi plasma konvalesen atau plasma yang diambil dari pasien yang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19.


Menyusul didatangkan alat apharesis, alat yang digunakan untuk memisahkan antara darah merah dan darah plasma dari para penyintas Covid-19 yang akan didonorkan kepada pasien yang masih berjuang melawan virus Corona. Pun sumber daya manusia (SDM) yang mengoperasikan juga sudah siap, sehingga produksi plasma konvalesen di UDD PMI Kota Mojokerto sudah bisa dimulai.

Tingginya permintaan plasma konvalesen untuk penyembuhan pasien Covid -19 di Kota Mojokerto dan sekitarnya membuat Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Mojokerto bergerak cepat. Salah satunya dengan membeli alat baru untuk memproduksi plasma konvalesen.

Ketua PMI Kota Mojokerto, Ika Puspitasari mengatakan permintaan plasma konvalesen melonjak tinggi setelah gelombang kedua kasus Covid-19. Bahkan ada ratusan permintaan yang akhirnya tak mampu dipenuhi akibat keterbatasan stok.

"Alasan inilah yang akhirnya menjadi pertimbangan kuat bagi PMI untuk membeli alat apheresis. Sehingga kita mampu secara mandiri memproduksi plasma konvalesen di UDD PMI Kota Mojokerto," ujarnya ditemui usai perayaan HUT PMI Ke-76 di UDD PMI Kota Mojokerto, Jumat (17/9/2021).

Wali Kota Mojokerto ini menyebut, selama ini untuk memenuhi kebutuhan plasma konvalesen, PMI Kota Mojokerto harus membawa pendonor ke PMI Sidoarjo. Karena saat itu, hanya PMI Sidoarjo dan Surabaya yang mempunyai alat tersebut.

"kini alat sudah ada, SDM yang mengoperasikan juga sudah siap. Produksi plasma konvalesen sudah bisa dimulai mulai hari ini,” kata Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota Ika Puspitasari seraya mengatakan alat itu juga bisa memproduksi trombosit untuk kebutuhan pasien demam berdarah dengue.

Ning Ita menambahkan, agar produksi plasma konvalesen di UDD PMI Kota Mojokerto bisa maksimal, maka pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan serta Rumah Sakit Umum terkait data pasien penyintas Covid-19 di Kota Mojokerto dan sekitarnya yang bisa di skrining untuk dijadikan pendonor plasma konvalesen.

"Tak semua penyintas Covid-19 bisa menjadi pendonor konvalesen, karena ada syarat dan kriteria khusus yang harus dipenuhi. Termasuk terkait riwayat kesehatannya, sehingga perlu dilakukan skrining terlebih dahulu," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris PMI, M. Choirul Anwar mengatakan alat aphareses ini dibeli PMI Kota Mojokerto secara mandiri dari anggaran PMI. Alat senilai Rp 1,6 milyar lebih ini mampu melayani donor plasma sebanyak 10 orang setiap harinya.

"Satu komponen berisi lima alat sudah beserta mesin penyimpanannya. Alat ini sanggup beroperasi selama 10 jam per harinya, dengan asumsi satu donor penyintas membutuhkan waktu satu jam. Sehingga satu hari bisa melayani 10 orang pendonor," terangnya.

Sejak bulan Juni hingga Agustus kemarin, lanjut Anwar, PMI Kota Mojokerto memiliki stok plasma konvalesen sebanyak 909 kantong dari 300 pendonor.

"Jumlah permintaan plasma mencapai ribuan, yang sudah terlayani sebanyak 909 kantong, yang belum dilayani masih ada 100 orang pasien. Dan hingga kini kita belum tahu bagaimana kabar pasien tersebut, apakah bisa diselamatkan atau tidak," ungkapnya prihatin.

Mantan Kabag Kesra Sekdakot Mojokerto tersebut berharap, dengan hadirnya alat ini di PMI Kota Mojokerto, pasien Covid-19 Kota Mojokerto yang membutuhkan plasma untuk proses penyembuhannya bisa terlayani semua.

"Kita juga membuka diri untuk membuka pendonor plasma dari manapun, asal memenuhi skrining, akan kita layani dengan maksimal," ujarnya.

Anwar menambahkan, untuk peringatan HUT PMI ke -76, PMI Kota Mojokerto masih merayakannya secara sederhana lantaran masih pandemi. Selain melaunching pelayanan plasma konvalesen, PMI  juga menggelar vaksinasi massal sebanyak 200 dosis bagi masyarakat umum.

"Kita juga memberikan piagam penghargaan kepada 10 kali pendonor plasma konvalesen serta melakukan  penandatanganan prasasti jalinan kerjasama penggerak donor," pungkasnya. (ank/adv)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional