Pertahankan WTP 5 Kali Berturut-turut, Wali Kota Mojokerto Terima Penghargaan Kemenkeu RI - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pertahankan WTP 5 Kali Berturut-turut, Wali Kota Mojokerto Terima Penghargaan Kemenkeu RI


Banyuwangi-(satujurnal.com)

Pemkot Mojokerto menerima Sertifikat dan Plakat Anugerah Penghargaan dari Kementerian Keuangan RI atas capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 5 kali berturut-turut sejak tahun 2016 hingga tahun 2020.

Penyerahan penghargaan prestisius di bidang pengelolaan keuangan daerah tersebut dilakukan secara langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa kepada Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari di Kokoon Hotel Kabupaten Banyuwangi, Jumat (29/10/21).

Capaian WTP sebagai merupakan bukti keberhasilan Pemkot Mojokerto dalam pengelolaan keuangan dengan sangat baik dan akuntabel telah diterima Pemkot Mojokerto pada 7 Mei 2021 lalu itu merupakan perolehan WTP keenam kalinya secara berturut-turut sejak Tahun 2014. 

Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari menerima penghargaan didampingi Sekdakot Gaguk Tri Prasetyo dan Inspektur Muh Sugeng. 

Ning Ita, sapaan Wali Kota Ika Puspitasari menyampaikan bahwa perolehan WTP merupakan suatu prestasi yang harus dipertahankan.

"Karena opini WTP ini bukan hanya sekedar prestasi, tapi sebenarnya adalah kewajiban bagi seluruh pemerintah daerah dalam hal pengelolaan keuangannya," tutur Ning Ita. 

"Opini yang tertinggi yaitu WTP ini menunjukkan bahwa didalam penganggaran, pengelolaan sekaligus pelaporan keuangan atau APBD setiap tahun sudah sesuai dengan kaidah kaidah yang dipersyaratkan. Dan ini kedepan tentu wajib untuk terus diupayakan agar tetap mendapatkan opini tersebut," imbuhnya.

Menurutnya, untuk mempertahankan predikat WTP itu, Pemkot Mojokerto setiap tahun melakukan pendampingan, baik dari BPKP maupun ada pengawasan yang dilakukan secara berkala minimal setahun dua kali dari BPK.

"Di setiap pengawasan maupun pendampingan ini kedua lembaga tersebut telah memberikan guidence apa yang harus dilakukan apakah didalam pengelolaan maupun didalam menindaklanjuti setiap temuan temuan," pungkasnya.

Adapun pemerintah daerah yang meraih penghargaan 5 kali berturut-turut antara lain Pemprov Jawa Timur, Kabupaten Banyuwangi, Blitar, Bojonegoro, Bondowoso, Gresik, Jombang, Madiun, Malang, Mojokerto, Ngawi, Pacitan, Pamekasan, Pasuruan dan Ponorogo. Lalu, Probolinggo, Sidoarjo, Tuban, Kediri, Lamongan, Situbondo, Trenggalek, Kota batu, Kediri, Mojokerto dan Surabaya. 

Selain penyerahan sertifikat dan plakat untuk pemerintah daerah yang mencapai WTP 5 kali berturut-turut, Gubernur Khofifah juga menyerahkan sertifikat dan plakat untuk pemerintah daerah yang mencapai WTP 10 kali berturut-turut. (one/adv)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional