Wawali Kota Mojokerto Ahmad Rizal Zakaria Tutup Usia - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Wawali Kota Mojokerto Ahmad Rizal Zakaria Tutup Usia


Mojokerto-(satujurnal.com)

Wakil Wali Kota Mojokerto Ahmad Rizal Zakaria meninggal dunia pada Jum’at (8/10/2021) di Rumah Sakit dr Soewardi Surabaya sekitar pukul 16.15 WIB. 

Sosok yang akrab disapa Cak Rizal ini meninggal dunia di usia 58 tahun. 


Kabar meninggalnya birokrat yang juga Ketua Partai Gerindra Kota Mojokerto ini ramai di media sosial. Berbagai teks obituri dan gambar duka cita beredar di grup whatsapp maupun facebook. 

Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Mojokerto Hatta Amrullah mengungkap kronologi kepergian Cak Rizal.. Menurut Hatta, sekitar pukul 16;00 WIB Cak Rizal jatuh pingsan di toilet Mall Grand City Surabaya, tempat berlangsungnya Grand Opening Jatim Fair yang ia hadiri. 

Saat itu, ajudan dan protokol dibantu beberapa orang  langsung membawa Cak Rizal ke rumah sakit yang terdekat, yakni RS dr Soewardi. Namun, tak berselang lama orang nomor dua di lingkup Pemkot Mojokerto ini dinyatakan telah tiada. “Pak Rizal meninggal dunia sekitar pukul 16:15 WIB,” ujarnya.

Jenazah Cak Rizal dikebumikan di TPU Makam Panjang Desa Losari, Kecamatan Gedek, Kabupaten Mojokerto, Jum’at malam, setelah disemayamkan di rumah duka di Pulorejo. 

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengungkapkan duka cita mendalam atas meninggalnya Cak Rizal.

“Kabar meninggalnya beliau sangat membuat kami semua berduka, karena kami merasa sudah seperti keluarga. Pak wakil dan saya adalah satu di dalam mengemban amanah di pemerintah kota Mojokerto,” katanya. 

“Malam hari ini kita dikumpulkan Allah di rumah ini dalam kondisi sedang berduka. Salah satu dari pejabat Pemerintah Kota Mojokerto, salah satu dari teman terbaik kita, saudara kita, Bapak Ahmad Rizal Zakaria dipanggil oleh Allah disaat sedang menjalankan tugas pemerintahan. Insya Allah kepergian  beliau dalam keadaan khusnul khotimah,” ucap Wali Kota. 

Selama dua tahun sepuluh bulan, ujar Ning Ita, sapaan Wali Kota Ika Puspitasari, mendiang bersama dirinya mengemban amanah di Pemerintahan Kota Mojokerto, menjalankan tugas bersama, melayani masyarakat Kota Mojokerto.

“Dan saya bersaksi beliau adalah orang yang baik. Beliau banyak membantu tugas-tugas yang mungkin selama ini tidak bisa saya laksanakan sendirian. Kami bisa bersinergi dengan baik. Dan insya Allah ini niat beliau adalah demi kebermafaatan kemaslahatan Kota Mojokerto,” cetusnya. 

Sembari terisak, Ning Ita mengutarakan jika Kamis (7/10/2021) malam ia dan mendiang bersama jajaran Forkompimda melakukan kunjungan kerja ke Kota Blitar sekaligus berziarah ke makam Proklamator, Soekarno. 

“Dan tadi malam kami berdiskusi sampai dengan malam hari. Dini hari pukul 2.30 kami baru sampai kembali di Kota Mojokerto. Kemudian sore tadi beliau menjalankan tugas dinas lagi menghadiri undangan ibu Gubernur dalam rangka Hari Jadi Pemprov Jatim di Grand City,” ujarnya.

Tidak ada yang pernah mengira, sambung Ning Ita, karena kami pun melihat beliau dalam kondisi sehat, tidak ada yang dikeluhkan. Namun tiba-tiba berita duka kami terima, setelah berakhirnya acara pembukaan Jatim Expo di Grand City di sekitar pukul 4 sore atau pukul 16:00 WIB.  

“Semoga kepergian beliau ini meninggalkan banyak sekali kebaikan, dan juga kenangan-kenangan yang indah yang bisa menjadi pengingat bagi kita semua atas seluruh jasa-jasa beliau kepada seluruh masyarakat Kota  Mojokerto. Teriring doa semoga seluruh dosa-dosa beliau diampuni oleh Allah, seluruh amal baiknya diterima dan beliau di tempatkan di tempat yang terindah oleh Allah,” tutup Ning Ita. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa atas nama keluarga besar Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyampaikan belasungkawa dan duka cita yang mendalam.

 “Malam hari ini kita semua hadir untuk memberikan penghormatan terakhir kepada almarhum Bapak Haji Ahmad Rizal Zakaria Wakil Walikota Mojokerto yang tadi sore hadir dalam pembukaan Jatim Fair rangkaian dari HUT ke 76 Pemprov Jatim,” katanya.

“Mudah-mudahan amal ibadah beliau diterima oleh Allah subhanahu wa ta'ala, seluruh khilafnya diampuni oleh Allah subhanahu wa ta'ala mudah-mudahan beliau dipanggil Allah seperti panggilan kesayangan hamba-hamba Allah. Mudah-mudahan beliau akan bersama hamba-hambaNya yang dicintai Allah, diridhoi allah, untuk masuk surganya Allah,” ujarnya.  

Dalam perjalanan karirnya, Ahmad Rizal Zakaria berkiprah di dunia politik menjadi salah satu fungsionaris Partai Amanah Nasional (PAN) Kota Mojokerto. Dalam kontestasi kepala daerah 2018 lalu, ia bersama Ika Puspitasari ia memenangi Pilwali Mojokerto. Pria berlatarbelakang pengusaha ini pun menjabat Wakil Wali Kota Mojokerto periode 2018-2023.  Ia juga memegang jabatan pucuk di Partai Gerindra Kota Mojokerto, tahun 2000 sampai sekarang. (ank/one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional