PWI Mojokerto Kembali Pecahkan Rekor Konferensi Daerah - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

PWI Mojokerto Kembali Pecahkan Rekor Konferensi Daerah

Sholahudin Pimpin PWI Mojokerto 2021-2024


Mojokerto-(satujurnal.com)

Konferensi IV PWI Mojokerto 2021 kembali memecahkan rekor. Bila pada Konferensi III tahun 2018 lalu, tercatat sebagai konferensi tercepat, karena berlangsung kurang dari 30 menit, kali ini memegang rekor sebagai konferensi terlama, untuk PWI tingkat kabupaten-kota se Jawa Timur.


Demikian dinyatakan Machmud Suhermono, pengurus PWI Jatim pemimpin sidang dalam Konferensi IV PWI Mojokerto yang digelar di De Resort Hotel, Jl Bypass Mojokerto, Sabtu (27/11/2021).

“Jalannya konferensi memakan waktu sekitar lima jam. Penyebabnya bukan karena pada Tatib Sidang, persyaratan bakal calon atau dugaan pelanggaran PD/PRT, namun pada perolehan suara dalam pemilihan calon ketua yang hasilnya draw alias seri,” ujar Mono, sapaan karib Machmud Suhermono.

Mono mengetuk palu tanda dimulainya pemilihan ketua, sekitar tiga puluh menit setelah konferensi dibuka Ketua PWI Jatim Lutfil Hakim, pukul 10:00 WIB. 

Dari 12 anggota biasa yang memiliki hak memilih dan dipilih dalam konferensi, 5 diantara masuk bursa pemilihan ketua. Namun, satu kandidat, yakni Prayogi Waluyo mengundurkan diri usai menyampaikan visi-misi. Sehingga tersisa 4 kandidat yang melaju, yakni Supriyadi, Mujiono, Aminuddin dan Sholahudin Wijaya. Dua nama kandidat terakhir inilah yang mendapat suara imbang. 

Pada putaran pertama pemilihan, Aminuddin dan Sholahudin masing-masing meraup 5 suara dukungan. Sedangkan Mujiono 1 suara dan 1 suara lagi abstain. 

Pun di putaran kedua, baik Aminuddin maupun Sholahudin meraih suara imbang, masing-masing 6 suara, sehingga belum ada pemenang. 

Atas kesepakatan peserta konferensi, sidang diskors, agar ada musyawarah atau perundingan antara Aminuddin dan Sholahudin.

“Konferensi mengutamakan musyawarah untuk mencapai mufakat,” imbuh Mono. 

Meski sempat alot, akhirnya musyawarah dengan difasilitatori oleh Ketua PWI Jatim berbuah kesepakatan, Sholahuddin sebagai Ketua PWI Mojokerto periode 2021-2024.

“Selamat kawan-kawan PWI Mojokerto, demi kebersamaan dan menjaga marwah organisasi, anda semua mau saling mengalah,” ucap Mono.  

Aminuddin menyatakan legowo dan menyerahkan sepenuhnya mandat ketua kepada Sholahudin. Setelah itu, pimpinan konferensi menyatakan Sholahudin sebagai ketua PWI Mojokerto.

Udin, sapaan wartawan InewsTV MNC Grup ini akan memegang kendali PWI Mojokerto kurun tiga tahun kedepan, 2021-2024, menggantikan posisi yang sebelumnya dipegang Diak Eko Purwoto kurun 2018-2021.

“Kemenangan ini bukan atas nama saya pribadi, keberhasilan seluruh wartawan yang berada di PWI Mojokerto,” ujar Udin.

Dirinya berharap, PWI ke depan harus bisa bangkit dan lebih berkualitas lagi, baik dalam berorganisasi maupun berkreasi. Sehingga insan pers ke depan bisa menjadi panutan bagi masyarakat Kota dan Kabupaten Mojokerto. 

“Ini memang proses yang luar biasa. Tapi yang jelas, semoga semangat kebersamaan, keterbukaan, melangkah bersama teman-teman jurnalis baik cetak, elektronik, maupun online. Dan, yang lebih penting lagi bisa bersinergi dengan berbagai pihak baik semua demi masyarakat Mojokerto dalam mendapatkan informasi yang lebih baik dari teman-teman yang tergabung di PWI Mojokerto,” tandasnya.

Sebelumnya, saat memberikan sambutan, Ketua PWI Jatim, Lutfil Hakim mengatakan, konferensi kali ini berjalan sangat demokratis dan dinamis.

“Artinya, semua anggota PWI benar-benar menjadi insan pers yang unggul dan menjadi satu. Semoga akan menjadi tetap kompak dan guyub. Karena untuk berkontribusi itu tidak harus menjadi ketua, tapi harus bisa menjadi satu,” pungkasnya. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional