Kian Pulih, Laju Ekonomi Kota Mojokerto Naik 1,94 Poin - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Kian Pulih, Laju Ekonomi Kota Mojokerto Naik 1,94 Poin


Mojokerto-(satujurnal.com)

Realisasi pertumbuhan ekonomi Kota Mojokerto pada semester pertama tahun ini sebesar 1,94 poin. Kondisi itu berbanding terbalik pada tahun 2020 kemarin, saat awal pandemi Covid-19, ekonomi Kota Mojokerto mengalami resesi di angka minus 3,69 poin.


Pertumbuhan ekonomi yang berangsur pulih terjadi karena sejumlah faktor. Salah satunya andil Korpri Kota Mojokerto yang cukup besar dalam program pemulihan ekonomi. 

Demikian dinyatakan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dalam sambutan acara Khitan Massal dalam rangka Tiga Tahun Kepemimpinannya dan HUT Korpri Ke -50, di kantor sekretariat Korpri Kota Mojokerto, Rabu (8/12/2021) pagi.

Didepan sejumlah tamu undangan dari Forkopimda, Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota Ika Puspitasari mengatakan, Korpri Kota Mojokerto punya andil cukup besar dalam program pemulihan ekonomi Kota Mojokerto. Kontribusi korpri luar biasa khususnya saat pandemi COVID-19 ditetapkan sebagai bencana nasional non alam oleh Presiden Jokowi pada bulan Maret 2020 lalu. 

"Korpri berkontribusi baik material berupa sumbangan kolektuf gaji ASN tiap bulannya dan juga kontribusi kegiatan serta sumbangsih pemikiran dan fisik untuk terjun langsung bersinergi dengan Satgas COVID-19 dalam penanganan kesehatan dan program pemulihan ekonomi serta penyaluran JPS di Kota Mojokerto," ujarnya.

Ia berharap, gerakan kemanusiaan yang terus dilakukan oleh Korpri ini bisa menjadi contoh bagi organisasi lainnya di Kota Mojokerto agar sinergi dan  kolaboratif membangun kekuatan besar untuk progam pemulihan ekonomi Kota Mojokerto.

"Meski kasus positif COVID-19 terus menurun tapi pandemi belum berakhir. Kita harus bahu membahu, kerjasama, gotong royong melibatkan seluruh elemen masyarakat guna program pemulihan ekonomi. Kita berharap akhir tahun ini, tren pertumbuhan ekonomi Kota Mojokerto tetap meningkat hingga normal lagi seperri sebelum pandemi," ujarnya.

Ning Ita pun menegaskan, jika apa yang dilakukan Korpri ini selaras dengan tema HUT Korpri yakni 'ASN Bersatu Korpri Tangguh dan Indonesia Tumbuh'. Artinya, keberadaan Korpri dipandang sebagai  kekuatan untuk bisa mengungkit pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional.

"Saya optimis dengan kekuatan gotong royong dan semangat saling menolong yang sangat besar ini akan membawa aura positif pada pertumbuhan ekonomi Kota Mojokerto," pungkasnya.

Terpisah, M. Khoirul Anwar, Ketua Panitia kegiatan Khitanan Massal HUT Kopri ke 50  mengatakan, ada 62 peserta khitan dari berbagai wilayah di Kota Mojokerto.

Puluhan peserta ini mendapatkan fasilitas goodybag berisikan sandal, baju koko, sarung, kopiah, thumbler, hingga uang saku. 

"Untuk baju koko, sarung, kopiah dibantu Baznas Kota Mojokerto. Untuk sandal dari perusahaan Multi Langgeng Makmur, thumbler dari toko emas Semeru. Sementara uang saku dari Dinsos dan Korpri Kota Mojokerto," katanya. 

Mantan Kabag Kesra Sekdakot Mojokerto tersebut menuturkan, khitanan massal ini dilakukan dengan sejumlah tujuan, diantaranya meringankan beban masyarakat ditengah pandemi Covid-19. Sehingga masyarakat tetap dapat melaksanakan ajaran syariat dengan baik. (one/adv)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional