Lulus Kurasi, 17 Kube Kota Mojokerto Terima Sarpras - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Lulus Kurasi, 17 Kube Kota Mojokerto Terima Sarpras


Mojokerto-(satujurnal.com)

Sebanyak 17 kelompok usaha bersama (kube) yang lulus kurasi menerima bantuan sarana dan prasarana (sarpras) usaha dari Pemerintah Kota Mojokerto. 


Penyerahan sarpras tersebut dilakukan secara simbolis oleh Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari di Panti PKK Kelurahan Jagalan, Kecamatan Kranggan, Senin (27/12/2021).

Kube yang mendapat bantuan diantaranya dari usaha batik, bordir, jamu, sablon dan printing.

“Selamat bapak-ibu yang menerima bantuan sarpras hari ini. Itu artinya panjenengan sudah lulus kurasi," kata Wali Kota.

Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota Ika Puspitasari berpesan agar para wirausahawan yang bergabung dalam masing-masing kube lebih tekun dan bekerja keras agar menjadi pengusaha sukses. 

“Kedepannya, mohon untuk terus sabar. Untuk benar-benar menjadi wirausaha sukses, prosesnya masih panjang. Panjenengan sabar, pemerintah juga akan berusaha sabar mendampingi," katanya.

Perlu diketahui, pemberian sarpras usaha termasuk dalam rangkaian program Inkubasi Wirausaha yang dicanangkan pemkot Mojokerto sebagai upaya pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Sebelum menerima bantuan sarpras, para kube harus mengikuti beragam pelatihan, termasuk teknis pembuatan produk, pemasaran, manajemen keuangan, dan sebagainya. Proses tersebut cukup panjang, sehingga tidak sedikit dari warga yang mundur.

Dalam program ini ikhtiar dari kedua belah pihak memang sangat dibutuhkan. Akan percuma jika pemerintah memiliki program bagus, tapi masyarakat tidak berpartisipasi aktif, ataupun sebaliknya.

Sementara itu, salah satu peserta kube bidang frozen food Anik indrawati, mengaku siap akan tuntutan tersebut.

“Tentu, saya dan teman-teman kube akan aktif, terus berjuang dalam program ini”, ungkap ibu berusia 36 tahun tersebut.

Ia pun mengaku telah merasakan sejumlah manfaat, meskipun program baru di launching di tahun 2021.

 “Alhamdulillah, bisa menambah pemasukan untuk keluarga, apalagi di masa covid saat ini. Semoga nanti bisa semakin berkembang seperti yang diharapkan bu wali (red: wali kota), dan pemerintah juga bisa memberikan program yang lebih baik lagi," ia memungkasi.

Selain perwakilan kube, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh sejumlah perwakilan Diskopukmperindag, camat Kranggan, serta Lurah dan Kasi Perekonomian di lingkungan Kecamatan Kranggan. (ank)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional