Ketua Dewan Ajak Kader PKK Cegah Stunting - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ketua Dewan Ajak Kader PKK Cegah Stunting


Mojokerto-(satujurnal.com)

Ketua DPRD Kota Mojokerto Sunarto menaruh atensi pada kasus kurang gizi kronis, kendatipun Kota Mojokerto tercatat sebagai daerah dengan angka stunting terendah di Jawa Timur.


Atensi pucuk pimpinan lembaga legislatif daerah ini tercetus saat reses di Kelurahan Balongsari gang V, Sabtu (19/02/2022) sore. 

Legislator daerah yang karib disapa Itok itupun meminta agar elemen masyarakat terutama kader PKK mengawal setiap bayi dan anak yang terindikasi mengalami kekurangan gizi. 

Sekedar diketahui, berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pada 2021 Kota Mojokerto mencatatkan angka stunting terendah, yakni di angka 6,9 persen. Sementara angka stunting di Provinsi Jawa Timur pada 2021 mencapai 23,5 persen.

"Kalo ada ibu yang tengah hamil, mohon diperhatikan. Warga yang butuh lapor saja ke Dinas Kesehatan. Namun kami berharap dapat mengoptimalkan ibu-ibu PKK. Menjadikan mereka pendamping ibu dan anak yang terindikasi kekurangan gizi, " pesan Itok 

Politisi senior PDI Perjuangan tersebut berpandangan, angka stunting di Kota Mojokerto tidak dapat dipandang sebelah mata. 

"Di Kelurahan Balongsari saja ada 15 anak. Lebih parah lagi di Gunung Gedangan ada 26 anak yang mengalami kekurangan gizi, " lontarnya.

Ia menduga faktor perkawinan dini menjadi salah satu penyebab merebaknya kasus ini. Perkawinan dini menyebabkan pengetahuan momong bayi sangat kurang. Selain itu faktor kemiskinan juga dimungkinkan menjadi penyebab kasus bayi kurang gizi. 

"Karena SDM bangsa ditentukan oleh generasi muda. Kalau generasi mudanya ada yang stunting, mau jadi apa bangsa ini. Mari kita bersama-sama mencegah stunting, " tandas Itok. 

Dalam kesempatan itu ia mengajak konstituennya yang hadir untuk mendukung program Walikota Mojokerto. 

"Mari kita dukung program kota kita. Spirit of Mojopahit. Nantinya Kota Mojokerto diharapkan seperti Bali, " harapnya. 

Dalam reses ini dihadiri oleh jajaran pengurus DPC PDI Perjuangan Kota Mojokerto. Diantaranya adalah Ketua DPC Santoso Bekti Wibowo dan Ketua Fraksi PDIP Ery Purwanti. 

Sejumlah usulan masyarakat mengemuka dalam kegiatan ini. Sutikno seorang warga setempat mengungkapkan Lingkungan Balongsari gang V sering banjir. Bahkan kalau hujan, jalan ini tidak bisa dilewati. 

"Demikian dengan Lingkungan Sumolepen, drainasenya itukan terbuka. Minta dibuatkan saluran yang tertutup dari paralon 6 dim sehingga tidak kotor dan berbau," ujarnya. 

Inul seorang konstituen juga menyatakan bahwa Kelurahan Balongsari mempunyai banyak kasus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). 

"Di Balongsari ada 48 ODGJ. Kedepannya kami meminta agar mereka dipercayakan satu pekerjaan. Kami mencari donatur untuk cucian sepeda motor untuk ODGJ.  Agar ODGJ di Balongsari teratasi meski tidak 100 persen," katanya.

Dilain sisi, Noval, warga Balongsari mengungkapkan setelah proyek jargas tahu lau lingkungan belakang masjid itu pavingnya amblas. Amblas 100 meter. 

Menyikapi berbagai permasalahan ini, Itok berjanji akan memperjuangkan setiap aspirasi yang ada. Ia juga meminta agar peran serta masyarakat untuk bersama mengatasi masalah sosial. 

Dalam kesempatan itu, ia menyumbangkan sebuah alat semprot yang akan akan digunakan untuk pekerjaan ODGJ. (one/adv)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional