Ke Kementerian PUPR, Ning Ita Matangkan Rencana Pembangunan IPTL - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ke Kementerian PUPR, Ning Ita Matangkan Rencana Pembangunan IPTL


Jakarta-(satujurnal.com)

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait  rencana pembangunan Instalasi Pengolahan Limbah Tinja (IPLT) di Kelurahan Blooto, Kecamatan Prajurit Kulon, Senin (28/3/2022).


Ning Ita, sapaan Wali Kota Ika Puspitasari    diterima Kepala Pusat Pengembangan Infrastruktur PUPR Wilayah III, Dr.Ir. Manggas Rudy Siahaan, M.Sc. 

"Sinergitas dan kolaborasi terus kita gencarkan untuk penataan Kota Mojokerto, tanpa terkecuali lingkungan. Hari ini, saya berada di Jakarta, untuk melakukan kunjungan ke Kemen PUPR. Saya diskusi banyak dengan beliau, bagaimana detail engineering design IPLT di Kota Mojokerto nantinya," ujar Ning Ita.

Ning Ita menambahkan bahwa pembangunan IPLT merupakan program prioritas Kota Mojokerto tahun 2022 dan proyek ini merupakan hadiah dari pemerintah pusat, karena di penghujung tahun 2020 kemarin Kota Mojokerto meraih penghargaan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award dari Kementerian Kesehatan.

“Dengan diraihnya penghargaan STBM berkelanjutan sebagai Kota Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF). Kota Mojokerto mampu membuktikan sebagai daerah yang bebas dari perilaku masyarakat yang sengaja buang air besar di sembarang tempat," ujar Ning Ita.

Masih kata Ning Ita, bahwa atas capaian prestasi tersebut akhirnya Kota Mojokerto ditunjuk sebagai lokasi strategis pembangunan IPLT oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2022“Dengan adanya fasilitas ini, limbah tinja yang dibawa truk tinja secara periodik akan diolah di IPLT, hasil pengolahannya aman dibuang ke saluran air dan diharapkan bisa mengurangi pencemaran air dan tanah dari bakteri ecoli,” lanjutnya,

Ditambahkan oleh Kepala Bappedalitbang Pemkot Mojokerto, Agung Moeljono bahwa pembangunan IPLT ini murni menggunakan anggaran dari pemerintah pusat. "Kita hanya menyiapkan lahan saja, untuk anggaran dan pelaksanaannya semua dari pemerintah pusat," jelasnya.

Sebagai informasi, IPLT merupakan salah satu upaya terencana untuk meningkatkan pengolahan dan pembuangan limbah yang ramah lingkungan. Nantinya instalasi pengolahan air limbah dirancang hanya menerima dan mengolah lumpur tinja yang akan diangkut melalui mobil truk tinja. (ank)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional