Ramadhan, Pemkot Mojokerto Siapkan Ribuan Paket Bansos untuk Warga Kurang Mampu, Lansia, Yatim Piatu dan Disabilitas - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ramadhan, Pemkot Mojokerto Siapkan Ribuan Paket Bansos untuk Warga Kurang Mampu, Lansia, Yatim Piatu dan Disabilitas


Mojokerto-(satujurnal.com)

Pemerintah Kota Mojokerto berencana menyalurkan bantuan bagi ribuan warga kurang mampu, penyandang disabilitas dan anak yatim/piatu di Kota Mojokerto. 


Data Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DinsosP3A) Kota Mojokerto menyebutkan, ada 5  jenis bantuan yang rencananya akan direalisasikan pada bulan April 2022 bertepatan dengan bulan Ramadhan 1443 H, diantaranya bantuan sembako bagi tukang becak, bantuan sembako bagi penyandang disabilitas, bantuan uang tunai kepada anak yatim/piatu non panti, bantuan uang tunai kepada anak yatim dan piatu non panti, serta bantuan uang tunai kepada lansia kurang mampu.

"Dari APBD Kita menganggarkan bantuan untuk 2.765 KPM, terdiri dari bantuan sembako bagi tukang becak sebanyak 550 KPM, bantuan sembako bagi penyandang disabilitas sebanyak 300 KPM, bantuan uang tunai kepada anak yatim/piatu non panti 400 KPM, bantuan uang tunai kepada anak yatim dan piatu non panti sebanyak 15 KPM, serta bantuan uang tunai kepada lansia kurang mampu sebanyak 1.500 KPM,” ungkap Susilawati, Sekretaris DinsosP3A Kota Mojokerto. Selasa (29/3/2022).

Namun, ujar Susi, jumlah penerima bantuan tersebut masih akan dilakukan verifikasi ulang oleh tim surveyor dari DinsosP3A Kota Mojokerto sebelum dilakukan penyaluran. Verifikasi ulang dilakukan guna menghindari double data dan memastikan bantuan tepat sasaran.

“Meski penerima manfaat sudah kami data di tahun 2021, namun dari jumlah sekian tadi masih akan kami lakukan verifikasi ulang untuk meghindari double data, dan memastikan apakah si penerima manfaat masih berhak menerima atau tidak sehingga bantuan yang diberikan bisa tepat sasaran,” jelasnya.

Selain bantuan yang dianggarkan dari APBD, Pemerintah Kota Mojokerto juga mengandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mojokerto yang juga akan menyalurkan bantuan berupa uang tunai bagi 150 anak dari keluarga kurang mampu melalui program Senyum Yatim, dan Duafa Kids kategori yatim/piatu.

Ketua Baznas Kota Mojokerto Dwi Hariadi menjelaskan, bantuan yang diberikan melalui Baznas diperuntukan bagi anak yatim/piatu Kota Mojokerto yang belum tercover oleh bantuan APBD tahun 2022 Kota Mojokerto.

“Rencananya bulan April besok, Baznas Kota Mojokerto bersama Pemkot Mojokerto akan memberikan santunan kepada 150 anak yatim/piatu dari keluarga kurang mampu yang terdiri dari program senyum yatim sebanyak 120 anak, dan 30 anak melalui program duafa kids,” katanya.

Yang pasti, sambung Dwi, jumlah penerima santunan melalui Baznas tersebut dapat berubah sesuai hasil verifikasi dilapangan yang dilakukan oleh Baznas Kota Mojokerto. (ank)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional