Kota Mojokerto Menuju Smart City - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Kota Mojokerto Menuju Smart City


Mojokerto-(satujurnal.com)

Kota Mojokerto ditetapkan sebagai salah satu dari 50 kabupaten/kota yang terpilih dalam program Gerakan Menuju Kota Cerdas (Smart City) 2022 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 


Tentang Gerakan ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto Santi Ratnaning Tias menjelaskan bahwa melalui gerakan ini Pemerintah Kota Mojokerto akan mendapatkan pendampingan secara intensif menuju smart city untuk Kota Mojokerto.

“Kedepan pendampingan ini akan berupa bimbingan teknis (bimtek) penyusunan Rencana Induk (masterplan) Smart City Kota Mojokerto, pertukaran data dan legal software menggunakan Free and Open Source Software (FOSS) antar Organisasi Perangkat Daerah serta sosialisasi dan Focus Group Discussion (FGD) Gerakan Menuju Smart City,” jelas Santi pada Kamis (21/4/2022).

Bimtek, ujar Santi, akan digelar selama beberapa kali dengan focus yang berbeda-beda. “Bimtek pertama akan fokus pada konsolidasi Tim Penyusun Masterplan Smart City dengan Tim Pelaksana Smart City serta analisis strategis Smart City, Bimtek kedua berfokus pada perumusan program pembangunan Smart City. Yang akan berlanjut pada finalisasi peta jalan pembangunan Smart City dalam bimtek ketiga. Dan bimtek keempat atau yang terakhir akan berfokus pada finalisasi dan konfirmasi ulang seluruh program serta rencana aksi pembangunan Smart City dan program unggulan/Quick Win.”jabarnya.

Untuk menuju Kota Mojokerto Smart City, sambung ia, akan dibentuk Dewan Smart City yang diketuai oleh wali kota dan beranggotakan semua kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan pakar smart city dari kalangan akademisi.

“Kedepan juga akan dibentuk Tim Pelaksana Smart City yang diketuai oleh Kepala Dinas yang membidangi Perencanaan dan Pembangunan Daerah, atau Kepala Dinas yang membidangi Komunikasi dan Informatika, dengan anggota yang terdiri dari perwakilan pejabat dan staf pelaksana dari semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD).”jelasnya.

Menyampaikan harapan Wali Kota Ika Puspitasari, Santi mengungkapkan bahwa dengan adanya pendampingan dari Kemkominfo dapat mempercepat pembentukan Kota Mojokerto Smart City, sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik warga Kota Mojokerto. (ank)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional