Pemkot Mojokerto Raih PPD Terbaik Tingkat Jatim - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pemkot Mojokerto Raih PPD Terbaik Tingkat Jatim


Mojokerto-(satujurnal.com)

Pemerintah Kota Mojokerto meraih penghargaan terbaik ketiga Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) sebagai Kota Terbaik III Provinsi Jawa Timur karena dinilai berhasil menyiapkan perencanaan berkualitas dalam membangun daerah dengan lebih baik.


Plakat dan piagam penghargaan diterima oleh Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dalam pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi Jawa Timur di Ballroom, Shangrilla Hotel Surabaya, Selasa (19/4/2022).

“Alhamdulillah tahun 2022 ini Pemerintah Kota Mojokerto kembali mendapatkan Penghargaan Perencanaan Daerah untuk kota pada juara 3. Tentu ini sebuah pencapaian yang layak kita apresiasi bersama,” ungkap Ning Ita didampingi Agung Moeljono Kepala Bappeda Kota Mojokerto, usai mengikuti pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi Jawa Timur.

Ia menyampaikan bahwa pencapaian ini tak lepas dari komitmen bersama seluruh perangkat daerah di Kota Mojokerto. 

“Selama seluruh OPD memiliki komitmen yang kuat dalam rangka pensuksesan itu semuanya bisa dicapai. Menyamakan persepsi dan komitmen inilah pondasi dasar yang bisa menjadi modal kita untuk mendapatkan apa yang kita targetkan tersebut.”ungkapnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa untuk mencapai prestasi ini ada hal-hal yang harus dipenuhi mulai dari perencanaan pembangunan hingga pelaksanaannya yang harus sesuai. 

“Bagaimana merencanakan pembangunan harus memenuhi aspek-aspek yang sudah ditentukan sesuai regulasi, bagaimana pencapaian IKU kepala daerah, bagaimana linearitas antara rencana pembangunan pusat provinsi sampai di Kota Mojokerto dan juga ketersediaan dokumennya dan beberapa aspek yang berhubungan dengan partisipasi masyarakat dan juga politik,” jabarnya. 

Dalam kesempatan ini ia juga menyampaikan harapannya agar kedepan senantiasa menjadi lebih baik 

“Kalau dua tahun berturut-turut ini kita masuk di kategori juara 3 ya semoga nanti tahun 2023 bisa juara 1 atau juara 2. Kan cita-cita harus tinggi supaya ini bisa menjadi motivasi kita bersama untuk terus melahirkan inovasi dalam rangka pencapaian yang lebih baik.”kata Ning Ita.

Secara terpisah Kepala Bappeda Litbang Agung Moeljono Subagijo menjelaskan bahwa untuk penilaian sebagai daerah dengan perencanaan pembangunan terbaik ada beberapa kriteria yang masing-masing ada indikatornya. 

“Kriteria penilaian meliputi pencapaian pembangunan, kualitas dokumen, proses penyusunan dokumen serta inovasi daerah.”jelasnya.

Ia menambahkan bahwa capaian ini tentu tak lepas dari arahan Ning Ita dalam menjaga kekompakan seluruh OPD untuk terus berkomitmen untuk pembangunan di Kota Mojokerto demi terwujudnya Kota Mojokerto yang berdaya saing, mandiri, demokratis, adil, Makmur, sejahtera dan bermartabat. (ank)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional