Proyek PEN Jalan Empu Nala Senilai Rp 101 Miliar Mulai Digarap - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Proyek PEN Jalan Empu Nala Senilai Rp 101 Miliar Mulai Digarap


Mojokerto-(satujurnal.com)

Proyek peningkatan jalan Empu Nala Kota Mojokerto sepanjang 2,4 kilometer senilai Rp 101 milyar mulai digarap. Titik proyek mulai dari jalan Bypass hingga Simpang Empat Sekarsari. 


"Semuanya berjalan on scedule, semoga berjalan lancar semuanya, sekarang sedang dilakukan penebangan pohon- pohon disepanjang jalan Empunala," ungkap Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat ditemui usai gowes sepeda keliling Kota, Sabtu (16/4/2022) pagi.

Menurutnya, proyek yang bertujuan untuk dapat mengungkit perekonomian masyarakat melalui perbaikan sarana infrastruktur itu, diharapkan dapat memberikan peluang lebih besar bagi warga untuk menjalankan usahanya, karena selama ini kondisi jalan di Empu Nala terhalang oleh sungai dan taman.

PT PP Presisi Tbk, pemenang tender punya waktu sekitar 10 bulan untuk merampungkan proyek yang bersumber dari dana melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN). 

Sementara itu Endah Supriyani Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRPRKP) Kota Mojokerto ini ditargetkan kelar pada 30 Desember 2022 mendatang. 

Lebar jalan Empu Nala yang terhubung langsung dengan jalur By Pass bertambah menjadi rata-rata 17 meter. Sepanjang saluran drainase sepanjang sekitar 2 kilometer sisi selatan jalan akan dipasang box culvert dan ditutup permanen dengan precast. Sedangkan di atasnya akan diaspal sehingga dapat dimanfaatkan sebagai jalan aktif untuk menambah kapasitas jalan yang awalnya hanya 2 lajur dengan 2 arah menjadi 4 lajur dengan 2 arah.

"Jadi jalan Empunala nanti akan ada dua jalur empat lajur. Dua jalur itu jalur masuk dan jalur keluar kota dengan ukuran rata-rata kiri kanan 17 meter. Ada median jalan ditengah, lalu nanti ada trotoar kiri kanan," jelas Endah.

Lebih lanjut terkait jalur sepeda dan area parkir, Endah menyebut akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak Dinas Perhubungan Kota Mojokerto.

"Nanti terkait jalur sepeda dan parkir kita koordinasi sama Dishub penataanya bagaimana," pungkasnya. (ank)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional