Gelar Bulan Bhakti Gotong Royong, Pemkot Libatkan Semua Elemen Masyarakat - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Gelar Bulan Bhakti Gotong Royong, Pemkot Libatkan Semua Elemen Masyarakat


Mojokerto-(satujurnal.com)

Berbagai kegiatan yang melibatkan semua elemen masyarakat dan lembaga kemasyarakatan digelar Pemkot Mojokerto dalam rangkaian kegiatan menyambut Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) XIX tahun 2022.


Dari kegiatan Posyandu di pekan pertama dan kedua bulan Mei, PSN serentak hingga kerja bhakti massal digelar untuk menyemarakkan BBGRM  itu.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2A) Choirul Anwar itu terkait kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat yang digelar setiap bulan Mei. 

"Kegiatan ini sesuai dengan Amanah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 42 Tahun 2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan BBGRM," kata Anwar,  Sabtu (28/5/2022).

Untuk menyemarakkan BBGRM sekaligus untuk pemberdayaan masyarakat, katanya lebih jauh, kita juga menyelenggarakan berbagai kegiatan yang prinsipnya gotong royong, yaitu dari, oleh dan untuk masyarakat dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat dan Lembaga Kemasyarakatan seperti PKK, Karang Taruna, RT/RW, Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dan Posyandu.

Mantan Kabag Kesra tersebut menyebut, kegiatan-kegiatan tersebut untuk menguatkan semangat gotong royong dilakukan secara serentak di bulan Mei ini. 

“Pada 31 Mei 2022 besok, Karang Taruna bersama LPM dan RT/RW akan mengadakan kerja bakti masal. Tentunya dengan adanya berbagai kegiatan ini bisa meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, dan kegotong-royongan," imbuh Anwar.

Lebih lanjut dikatakan,dalam BBGRM ini juga akan ada lomba pelaksana gotong-royong terbaik. Dengan sasaran seberapa besar fungsi dan peran Lembaga kemasyarakatan mampu memberdayakan masyarakat dalam melaksanakan pembangunan secara bergotong-royong. Serta seberapa mampu Lembaga kemasyarakatan bersinergi dengan pemerintah baik tingkat kelurahan maupun tingkat kota dalam mendorong partisipasi masyarakat yang meliputi bidang kemasyarakatan; ekonomi; sosial, budaya dan keagamaan; dan bidang lingkungan.

Untuk diketahui, BBGRM XIX tahun 2022 di Provinsi Jawa Timur mengangkat tema “Melalui Momentum Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat Kita Wujudkan Optimis Jatim Bangkit".(ank)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional