Permudah Kube, DKPP Kota Mojokerto Luncurkan 'Si Peri Piterpan' - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Permudah Kube, DKPP Kota Mojokerto Luncurkan 'Si Peri Piterpan'


Mojokerto-(satujurnal.com)

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Mojokerto meluncurkan aplikasi bernama Si Peri Piterpan. Aplikasi dengan platform umum sistem informasi terintegrasi ini untuk mempermudah Kelompok Usaha Bersama (Kube) Ketahanan Pangan dan Pertanian dalam mengakses data komprehensif terkait pertanian, perikanan, peternakan, kube, poktan (kelompok tani), hingga data bantuan permodalan, laba-rugi, dan keaktifan penerima bantuan. 


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari berharap, aplikasi  'Si Peri Piterpan'  semakin memudahkan pengembangan serta percepatan pembangunan bidang ketahanan pangan di Kota Mojokerto. 

Harapan orang nomor wahid di Kota Mojokerto itu diutarakan saat memimpin  rapat bersama yang digelar DKPP) Kota Mojokerto, Selasa (10/5/2022). 

"Meskipun tidak sebanyak bidang industri dan perdagangan, kita harus tetap mensupport warga yang punya ketertarikan di bidang ketahanan pangan ini. Karena memang disitu masih ada peluang yang dinilai menguntungkan oleh sejumlah kelompok warga," ungkap Wali kota Ika Puspitasari.

Menurutnya, kube bidang pertanian, perikanan, dan peternakan merupakan salah satu program inovasi Pemkot Mojokerto dalam upaya membangkitkan perekonomian masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

Pada awal pelaksanaannya, banyak warga yang antusias mengikuti program tersebut. Namun belakangan keadaan mulai membaik, warga yang sebelumnya 'dirumahkan', kini kembali bekerja. Sehingga jumlah warga yang turut serta dalam program tersebut berkurang. 

"Di sisi lain ada kelompok yang bertahan dan bahkan sudah bisa berkembang. Mereka yang serius ini yang harus kita pantau terus dan layak mendapatkan bantuan permodalan," paparnya.

Semula, katanya lebih jauh, tujuan dari program ini memang paling tidak warga bisa mencukupi kebutuhan konsumsi sendiri. Namun, dalam perkembangannya, sejumlah kube pertanian bahkan bisa menyuplai pedagang sayur sekitar mereka. Kemudian terdapat pula kube yang mampu mengolah hasil perikanan mereka, sehingga dapat menambah nilai jual panen yang dihasilkan. 

Pihaknya juga terbuka apabila nantinya ada warga lain yang sebelumnya belum tergabung kube, namun kemudian tertarik untuk menekuni bidang tersebut. (ank)



Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional