Wali Kota Kukuhkan Lima Sekolah Siaga Kependudukan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Wali Kota Kukuhkan Lima Sekolah Siaga Kependudukan


Mojokerto-(satujurnal.com)

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengukuhkan lima sekolah menjadi Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) di Pendopo Sabha Kridatama Rumah Rakyat, Rabu (15/6/2022).


SSK adalah sekolah yang mengintegrasikan materi kependudukan, Keluarga Berencana ke dalam mata pelajaran. 

Kelima sekolah yang dikukuhkan antara lain SMAN 1, SMPN 4, SMPN 8, SMPN 1, dan SMKN 1 Kota Mojokerto.

"SSK merupakan salah satu upaya kita menyiapkan generasi muda menghadapi bonus demografi. Maka harus memiliki kesamaan persepsi dalam mempersiapkan generasi penerus bangsa agar mampu memiliki daya saing dan kemandirian dalam menyambut bonus demografi," kata Wali Kota Ika Puspitasari.

Dengan SSK, ujar Wali Kota yang akrab disapa Ning Ita tersebut, diharapkan siswa memiliki pengetahuan yang utuh tentang manfaat dan dampak dari kependudukan sebagai upaya pembentukan generasi berencana dan menumbuhkan kesadaran dan kepedulian di dalam menghadapi fenomena kependudukan

Melalui SSK, sekolah akan mengintegrasikan pendidikan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga kedalam beberapa mata pelajaran, dimana didalamnya terdapat pojok kependudukan sebagai salah satu sumber belajar peserta didik.

"Kita bergerak bersama sesuai tugas dan fungsi kita masing- masing, tapi goal yang akan kita capai sama, ini yang bisa kita lakukan," imbuhnya. 

Untuk mewujudkan itu, Pemkot Mojokerto bersinergi dengan berbagai stakeholder terkait diantaranya Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Badan Narkotika Nasional (BNN) dan  kepolisian setempat. 

"Saya sudah berupaya mensinergikan, sudah kita formulasikan dengan tujuan yang sama, kita tekan angka kenakalan remaja dan kita siapkan generasi penerus bangsa agar kedepan memiliki kualitas juga kemandirian," tukasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, DinkesPPKB Kota Mojokerto Elys Elisabet, S.Kep, Ns. M.Kes menjelaskan dari lima sekolah yang ditetapkan menjadi SSK, satu diantaranya sudah berhasil meraih penghargaan SSK Paripurna tingkat Nasional. 

"Dari lima sekolah yang ditetapkan ini hanya SMPN 4 Mojokerto yang sudah paripurna tingkat Nasional SSK nya, yang lain masih belum mengikuti penilaian kategori baik di daerah maupun di provinsi," jelasnya. (ank)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional