Paparkan Potensi Daerah di Sosialisasi OSS-RBA, Ning Ita Undang Investor Tanamkan Modal di Kota Mojokerto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Paparkan Potensi Daerah di Sosialisasi OSS-RBA, Ning Ita Undang Investor Tanamkan Modal di Kota Mojokerto


Mojokerto-(satujurnal.com)

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengundang investor untuk menanamkan modal di Kota Mojokerto. 

Sejumlah potensi yang dimiliki serta kemampuan bangkit dari dampak pandemi Covid-19 dengan indikator pertumbuhan ekonomi yang terus menanjak hingga menjadikan Kota Mojokerto bersejajar dengan daerah lain yang menjadi daya pikay jujugan investor.

"Sebagai daerah penyanggah ibu kota Provinsi Jatim, dengan sejumlah potensi serta angka pertumbuhan ekonomi yang naik hingga mendekati pertumbuhan normal seperti sebelum pandemi Covid-19 tentunya menjadi poin tinggi untuk menjadikan Kota Mojokerto sebagai ladang investasi yang sangat menjanjikan. Ini yang saya tawarkan kepada investor," kata Wali Kota Ika Puspitasari saat membuka kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis implementasi OSS-RBA (Online Singel Submission Risk Base Approach) atau perizinan berbasis risiko yang digelar Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPSP) Kota Mojokerto di gedung Sabha Mandala Saba Pemkot Mojokerto, Selasa (27/7/2022).

Nilai investasi Kota Mojokerto, ujar Ning Ita, sapaan karib Wali Kota Ika Puspitasari, yang memiliki sejumlah program kegiatan seni dan budaya yang jadi agenda tahunan Pariwisata berikut kemudahan dan berbagai inovasi di bidang perizinan kurun tiga tahun terakhir mengalami kenaikan yang sangat signifikan. 

"Bahkan ditengah gencarnya serangan Covid-19 di tahun 2020 lalu, ada investor yang mendirikan hotel bintang tiga di Kota Mojokerto. Saya sendiri yang meresmikan operasional hotel itu," akunya.

Kota Mojokerto sebagai Kota Pariwisata berbasis sejarah dan budaya yang berada di Kawasan Strategis Pariwisata Majapahit, sambung ia, bisa menjadi pengungkit bagi bangkitnya perekonomian.

Ning Ita pun memperkirakan, di akhir tahun 2022 mendatang total nilai investasi Kota Mojokerto naik tiga kali lipat dibanding tahun 2021 kemarin. 

Sedangkan soal kegiatan sosialisasi dan bimtek OSS  RBA, Ning Ita berharap, seluruh pengusaha dapat memanfaatkan sistem pelayanan OSS berbasis risiko lebih meningkat dan pelaporan bisa disampaikan secara cepat dan tepat waktu. 

"Sehingga Pemerintah Kota Mojokerto atau pihak-pihak tertentu dapat mengukur tingkat perekonomian Kota Mojokerto secara lebih tepat yang pada akhirnya dapat dimanfaatkan sebagai barometer dalam program pembangunan," katanya. 

Selain kegiatan sosialisasi, Pemkot Mojokerto juga membuka klinik OSS di gedung Mall Pelayanan Publik GMSC, serta menyediakan aplikasi untuk segala urusan investasi berlabel 'Mojokerto Idaman' akronim Investasi Kota Mojokerto Dalam Genggaman yang dilanching di helatan Forum Bisnis 2022 satu bulan silam.

Sebelumnya, Kepala DPMPSP Kota Mojokerto Heryana Dodik Murtono mengutarakan digelarnya sosialisasi dan bimtek OSS-RBA yakni untuk meningkatkan pengetahuan pelaku usaha mengenai ketentuan perizinan berusaha sebagai dampak dari diberlakukannya Undang Undang Nomor 11 Tahun 2020 Tentang Cipta kerja.

"Selain itu juga untuk meningkatkan capaian realisasi penanaman modal melalui sajian laporan penanaman modal secara online oleh setiap pelaku usaha. Dan meningkatkan kepatuhan pelaku usaha dalam melaksanakan kegiatan usaha sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

"Kegiatan ini juga untuk fasilitasi pelayanan perizinan berusaha berbasis risiko kepada peserta, bagi pelaku usaha yang belum memiliki perizinan sebelumnya untuk memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) pada sistem OSS RBA dan migrasi data bagi pelaku usaha yang telah memiliki NIB pada OSS versi sebelumnya dalam pengembangan usahanya," tukasnya.

Dua narasumber dari DPMPTSP Jawa Timur dihadirkan dalam kegiatan yang digelar selama dua hari tersebut. (one/adv)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional