PWI Jatim dan Stikosa-AWS Teken MoU untuk Percepatan Pendidikan S1 Bagi Wartawan dan Keluarga Wartawan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

PWI Jatim dan Stikosa-AWS Teken MoU untuk Percepatan Pendidikan S1 Bagi Wartawan dan Keluarga Wartawan


Surabaya-(satujurnal.com)

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur dan Stikosa-AWS (Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi–Almamater Wartawan Surabaya) bekerjasama dalam mendukung program pendidikan sarjana strata (S-1) bagi para wartawan di Jawa Timur dan keluarga wartawan, serta humas–humas stakeholder pemerintah provinsi Jawa Timur sebagai mitra wartawan yang belum meraih gelar sarjana S1.  


Ketua PWI Jawa Timur Luthfil Hakim mengutarakan hal itu usai penandatanganan MoU atau nota kesepahaman antara PWI Jawa Timur dengan Stikosa-AWS, di resto Hotel Kampi Surabaya, Senin (18/7/2022). 

"Lembaga pendidikan Stikosa-AWS yang memfokuskan pada pengembangan program studi ilmu komunikasi, diharapkan memberikan kemudahan terhadap para jurnalis yang ingin menyelesaikan studi S-1, khususnya bidang jurnalistik untuk memenuhi kebutuhan tuntutan profesionalisme wartawan," kata Lutfil Hakim.

Sedangkan PWI sebagai lembaga praktisi jurnalistik, ujarnya lebih lanjut, perlu saling bersinergi dengan Stikosa-AWS untuk saling menguatkan dalam memenuhi kebutuhan–kebutuhan jurnalis ke depan, terutama dalam menghadapi era digital. Dimana peran penting media Pers dalam fungsinya sebagai media kontrol sosial masyarakat dan kontrol penyelengaraan pemerintahan. 

“Saya titip melalui lembaga pendidikan ini supaya nanti melahirkan kader–kader jurnalis yang bagus, bukan sekedar memahami tentang equipment-nya (peralatan) saja, tetapi juga teknologi informasi dan komunikasi harus dipahami betul dan juga harus tahu betul serta difungsikan sebagaimana mestinya, sehingga kader yang dihasilkan oleh lembaga Stikosa-AWS betul–betul tepat. Maka dari itu, Stikosa-AWS harus menyiapkan energi yang lebih besar lagi, bagaimana nantinya melahirkan kader–kader bangsa ini melalui pendidikan Jurnalistik dan Kehumasan sebagai kader komunikasi yang andal,” cetus Luthfil Hakim.   

Sementara itu, Ketua Stikosa-AWS  Meithiana Indrasari menyambut baik kerjasama dengan PWI sebagai lembaga profesi wartawan yang sejalan dengan salah satu program studi di Stikosa-AWS bidang Jurnalistik. 

“Banyak orang tahu Stikosa-AWS melahirkan wartawan profesional dan andal. Lulusan Stikosa-AWS banyak tersebar di media dimana–mana, dan banyak mempunyai posisi penting dalam keredaksian media, baik itu media berita online, televisi dan radio broadcasting," ucapnya.

Bahkan, katanya lagi, sering saya jumpai orang-orang di pemerintahan daerah, terutama di Jawa Timur, saat saya memberikan materi pelatihan kehumasan, pelatihan tentang media digital, menyapa saya, Bu Mei, saya ini lulusan Stikosa-AWS loh, mereka berprofesi sebagai humas pemerintahan. Sungguh luar biasa potensial.

“Saat ini saya sebagai Ketua Stikosa-AWS benar–benar merasakan energi yang luar biasa, lebih bersahabat dengan teman – teman wartawan dan lebih luas lagi, lebih bersahabat lagi dengan pimpinan – pimpinan instansi pemerintahan, terutama humas – humasnya, yang semakin menambah kekuatan, seakan – akan saya mempunyai power yang luar biasa,” imbuhnya.

Melalui kerjasama yang dibangun antara Stikosa-AWS dengan PWI Jawa Timur,  Mei, sapaan karib Meithiana Indrasari mengaku siap untuk melaksanakan program–program dan arahan PWI Jatim agar lebih maksimal dan lebih banyak lagi, bahkan berharap banyak pada PWI jawa Timur sebagai salah satu pilar penguat Yayasan Pendidikan Wartawan Jawa Timur (YPWJT), yayasannya Stikosa-AWS dalam pemenuhan kebutuhan kader–kader jurnalis, seperti yang dikehendaki oleh Ketua PWI Jawa Timur.  (dmpr*)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional