BLT BBM dan Program Sembako di Kota Mojokerto Sudah Cair, Segini Besarannya - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

BLT BBM dan Program Sembako di Kota Mojokerto Sudah Cair, Segini Besarannya


Mojokerto-(satujurnal.com)

Sebanyak 7.793 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Mojokerto mulai menerima Bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak (BLT BBM) dan Program Sembako.Penyaluran secara bertahap dilakukan selama tiga hari mulai tanggal 9-11 September 2022.


Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Kota Mojokerto Choirul Anwar menyatakan, penyaluran secara bertahap dilakukan untuk menghindari penumpukan penerima bantuan.

BLT BBM diberikan selama periode September-Desember dengan besaran Rp 150 ribu per bulan. Namun, pada penyaluran tahap pertama, KPM menerima dua kali pencairan sekaligus dengan nilai Rp 300 ribu.

Mantan Kabag Kesejahteraan (Kesra) Setdakot Mojokerto ini menambahkan, penyaluran secara bertahap itu berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kemensos RI Nomor 15/5/HK.01/8/2020 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Program bantuan Langsung Tunai Bahan Bakar Minyak. 

Melalui BLT BBM dan Sembako ini, diharapkan dapat membantu meringankan beban yang dirasakan penerima manfaat akibat naiknya harga BBM bersubsidi.

”Total BLT BBM Rp 600 ribu, tapi penyalurannya dilakukan dalam dua tahap melalui kantor pos,” terang Anwar, Minggu (11/9/2022).

Menurutnya data KPM seluruhnya dari Kementerian Sosial dengan syarat KPM penerima BPNT Nasional atau PKH.

Selain itu penyaluran BLT BBM juga dibarengi dengan pencairan program sembako atau pengganti bantuan pangan non-tunai (BPNT) sebesar Rp 200 ribu untuk bulan September. ”Jadi, setiap KPM menerima Rp 500 ribu,” imbuhnya.

Dipaparkan Anwar, Jum'at (9/9/2022) bantuan tersebut disalurkan di enam Kelurahan, Prajuritkulon, Pulorejo, Blooto, Surodinawan, Kauman dan Mentikan. Sabtu (20/9/2022) di Kelurahan Purwotengah, Sentanan, Jagalan, Gedongan, dan Miji. Sedangkan hari ini giliran Kelurahan Kranggan, Meri, Magersari, Gununggedangan, Balongsari, Wates dan Kedundung.

Sri Rahayu, salah satu penerima BLT BBM dan Sembako dari Kelurahan Prajuritkulon mengaku bersyukur mendapatkan bantuan ditengah naiknya harga BBM bersubsidi. "Ya Alhamdulillah, senang sekali, bisa membantu untuk membeli kebutuhan sehari-hari," ujarnya.

Senada dengan Sri Rahayu, Aminah, Penerima BLT BBM dan Sembako dari Kelurahan Surodinawan juga mengaku gembira mendapat bantuan ditengah naiknya harga BBM."Senang, saya antri dari jam 9 pagi tadi, Alhamdullillah sudah cair, bisa buat tambah-tambah kebutuhan," ucapnya. (ank)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional