Warga Kelurahan Sentanan Swadaya Perluas Tanah Pemakaman - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Warga Kelurahan Sentanan Swadaya Perluas Tanah Pemakaman


Mojokerto-(satujurnal.com)

Angka pertumbuhan penduduk di Kelurahan Sentanan, Kecamatan Kranggan, Kota Mojokerto yang semakin meningkat berbanding terbalik dengan sarana Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang tersedia. Kondisi tersebut menjadi atensi tersendiri bagi Lurah Sentanan Fauzan Hadiyan Ichsan, S. STP.


"Pertama kali saya menjabat di Kelurahan sentanan itu ada keluhan masyarakat bahwa tanah pemakaman kelurahan sentanan yang ada di TPU Losari itu sudah penuh," terang Fauzan melalui sambungan telepon. Minggu, (4/9/2022). 

Atas kondisi itu, Fauzan yang mulai menjabat Lurah Sentanan Januari 2022 ini pun mengajak seluruh elemen masyarakat,  dari tokoh masyarakat, LPM, Rukun  Kematian, ketua RT,RW membahas perluasan tanah pemakaman yang sudah menjadi kebutuhan.

"Sebenarnya permasalahan ini sudah lama, tapi alhamdulilah dari rapat koordinasi dan komunikasi akhirnya kita sepakat membuatkan Standar Operasional Prosedur (SOP) terkait proses pembelian dan sosialisasi kepada warga Sentanan," ungkap pria kelahiran Bandung tersebut. 

Setelah berproses akhirnya disepakati pembelian tanah untuk perluasan pemakaman warga Kelurahan Sentanan.

Lokasi tanah tidak jauh dari lokasi yang sama, bersebelahan dengan lokasi yang lama.

Lokasi TPU Kelurahan Sentanan terletak di TPU Makam Panjang Losari Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto.

Melalui Gerakan Swadaya Masyarakat Sentanan (GERDAMAS), ujar Fauzan, terkumpul dana dari partisipasi murni warga serta sejumlah donatur.

"Alhamdulillah dengan niat kuat warga melalui GERDAMAS akhirnya perluasan TPU Kelurahan Sentanan berhasil direalisasikan," demikian Fauzan. (ank)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional