Jadi Inspektur Upacara Hari Santri 2022, Wali Kota Mojokerto Bacakan Sambutan Menag RI - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Jadi Inspektur Upacara Hari Santri 2022, Wali Kota Mojokerto Bacakan Sambutan Menag RI


Mojokerto-(satujurnal.com)

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari memimpin upacara bendera memperingati Hari Santri 2022 di halaman Kantor Pemerintah Kota Mojokerto Jalan Gajah Mada, Sabtu (22/10/2022) pagi.


Selaku inspektur upacara, Wali Kota Mojokerto membacakan amanat dari Menteri Agama RI Qolil Yaqut Qoumas. 

Kepada para peserta upacara, diantaranya perwakilan santri dari Pondok Pesantren di Kota Mojokerto, anggota IPNU, IPPNU, Ansor dan Pagar Nusa, ia menyampaikan tema Hari Santri Tahun 2022 adalah Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan.

"Maksud tema Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan adalah bahwa santri dalam kesejarahannya selalu terlibat aktif dalam setiap fase perjalanan Indonesia. Ketika Indonesia memanggil, santri tidak pernah mengatakan tidak. Santri dengan berbagai latar belakangnya siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara," kata wali kota

Masih membacakan sambutan Menag RI, perempuan yang akrab disapa Ning Ita tersebut menyampaikan bahwa para santri tidak hanya aktif selama masa perjuangan kemerdekaan. Pasca kemerdekaan pun para santri menjadi lebih semangat untuk memenuhi panggilan Ibu Pertiwi. Tidak asyik dengan diri sendiri tapi juga terlibat secara aktif tidak hanya bidang agama tapi juga politik, pendidikan, sosial, ekonomi dan ilmu pengetahuan.

"Santri dengan segala kemampuannya bisamenjadi apa saja. Santri sekarang telah merambah ke berbagai bidang profesi, memiliki keahlian bermacam-macam,bahkan mereka menjadi pemimpin negara," lanjut Ning Ita.

Ia juga menyampaikan, meskipun santri bisa menjadi apa saja hendaknya para santri tidak melupakan tugas utamanya, yaitu menjaga agama.

"Santri selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya. Bagi santri, agama adalah mata air yang selalu mengalirkan inspirasi-inspirasi untuk menjaga dan menjunjung tinggi martabat kemanusiaan," tegasnya.

Tidak hanya Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, Resolusi Jihad dan Ikrar Santri pun dibacakan untuk meneguhkan semangat para santri.

Menutup upacara Hari Santri pagi ini, Ning Ita mengajak seluruh peserta upacara bersama mengucapkan tema hari santri tahun ini, "Hari Santri 2022 Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan," ucap Ning Ita diikuti oleh seluruh peserta upacara.

Selepas upacara, Ning Ita  memberangkatkan panji-panji NU yang dibawa oleh anggota Banser dan para santri menuju Kantor PC NU Kota di Jalan Suromulang Raya No.9, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto. (ank/inf)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional