Sempat Jeda Akibat Covid-19, Kenduri 5000 Layah Kembali Digelar - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Sempat Jeda Akibat Covid-19, Kenduri 5000 Layah Kembali Digelar


Mojokerto-(satujurnal.com)

Kenduri 5000 layah yang digelar Pemkot Mojokerto di lapangan Raden Wijaya, Surodinawan, Kota Mojokerto hari ini merupakan moment yang ditunggu-tunggu warga Kota Mojokerto setiap kali peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW digelar.


Agenda tahunan yang diinisiasi Wali Kota Mojokerto Mas'ud Yunus tahun 2016 silam ini sempat jeda dua kali akibat pandemi Covid-19.

Setiap kali Kenduri 5000 digelar, Wali Kota dan sejumlah petinggi Pemkot Mojokerto, unsur Forkompimda dan ribuan warga terlibat makan bareng di wadah layah, nampan berbahan tanah liat.

Selain lantunkan salawat oleh  ribuan warga yang hanyut dalam kekhusukan memaknai peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW, prosesi kirab budaya begitu mewarnai helatan yang merupakan sarana menunjukkan kecintaan kita kepada rasul itu.

Tahun ini dengan mengambil tajuk “Gema Maulid”, acara yang diperkirakan akan menyedot ribuan massa ini akan dihadiri ulama ternama, Gus Muafiq. 

Selain Kenduri 5000 Layah, dalam acara tersebut juga akan dilakukan Istigasah, Selawat, serta Tahlil Kubro bersama Muslimat NU.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Kota Mojokerto, Iwandoko mengatakan selain bertujuan uri-uri budaya, melalui event ini diharapkan akan lebih membina persatuan dan kesatuan, serta kekompakan warga Kota Mojokerto, khususnya umat muslim.

“Selain bertujuan memperingati Maulid Nabi Muhammad, kami juga berupaya nguri-uri budaya, agar masyarakat Kota Mojokerto, khususnya umat muslim lebih kompak dan menyatu,” ujarnya.

Lebih lanjut melalui event ini, diharapkan akan membuat Kota Mojokerto pulih lebih cepat, bangkit lebih hebat pasca pandemi Covid-19 melanda.

“Harapan kita melalui event ini juga akan berimbas kepada pemulihan ekonomi di Kota Mojokerto, karena dalam acara ini aka nada banyak PKL,UMKM yang ikut dalam meramaikan dengan berdagang di dalam lokasi,” tukasnya. (ank/inf)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional