Urung Digeser di Pasar Kranggan, Pedagang Buah Akhirnya Direlokasi di Rest Area Gunung Gedangan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Urung Digeser di Pasar Kranggan, Pedagang Buah Akhirnya Direlokasi di Rest Area Gunung Gedangan


Mojokerto-(satujurnal.com)

Rencana relokasi puluhan pedagang buah di tiga jalan di kawasan Pasar Tanjung Anyar Kota Mojokerto ke Pasar Kranggan akhirnya diurungkan. Menyusul terjadinya kesepakatan antara Pemkot dengan pedagang soal titik relokasi, yakni Rest Area Gunung Gedangan, Kecamatan Magersari.


Kesepakatan itu sekaligus menjadi penegasan tidak dilewatinya deadline relokasi 26 Oktober mendatang. 

"Setelah kemarin kita buka dialog dengan para pedagang, akhirnya ada titik temu. Sebanyak 32 pedagang buah yang berasal dari  Kota Mojokerto maupun luar Kota Mojokerto yang sebelumnya menolak di pindah akhirnya meminta di relokasi di Rest Area Gunung Gedangan," ujar Ani Wijaya, Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kota Mojokerto, Sabtu (22/10/2022).

Gayung bersambut, lanjut Ani, permintaan tersebut mendapat persetujuan Walikota Mojokerto Ika Puspitasari. Petinggi Pemkot ini langsung memberikan ijin untuk area bawah Rest Area Gunung Gedagangan ditempati pedagang buah. Sedangkan area atas bangunan itu tetap untuk pedagang makanan dan minuman.

"Siang tadi dilakukan pengukuran lokasi dan pengundian lapak. Total terdapat 32 pedagang, dimana 12 pedagang besar sudah mengambil undian dan 22 pedagang eceran. Sisanya meminta di fasilitasi relokasi ke dalam Pasar Tanjung," tegasnya.

Masih kata Ani, para pedagang juga menyetujui untuk segera relokasi paling lambat tanggal 25 Oktober besok. Ini setelah dilakukan penyekatan lokasi oleh pihak Diskopukmperindag. 

"Relokasi para pedagang buah di  Rest Area Gunung Gedangan ini selanjutnya akan merubah ikon tempat tersebut, selain sebagai pusat kuliner juga menjadi pusat buah," pungkasnya. (ank)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional