Pasar Ketidur Jadi Pasar Tematik Pertama - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pasar Ketidur Jadi Pasar Tematik Pertama


Mojokerto-(satujurnal.com)

Puluhan pedagang loak eks pasar Cakarayam yang kini menempati bedak-bedak di pasar Kliwon bakal direlokasi ke pasar Ketidur. 


Kabar relokasi tersebut dicetuskan Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari ditengah sidak pasar yang berada di wilayah Kecamatan Prajuritkulon tersebut, Selasa (27/12/2022) sore.

Alhamdulillah tahun ini sudah bisa diselesaikan pembangunannya. Pasar Ketidur ini menjadi pasar tematik pertama khusus sebagai sentra aneka loak. Secara menyeluruh sebanyak 127 kios," kata Wali Kota Ika Puspitasari.

Berikutnya, ujar Ning Ita, sapaan karib Wali Kota Ika Puspitasari, Pemkot Mojokerto melalui Diskopukmperindag akan segera mengumpulkan empat paguyuban pedagang loak untuk berdiskusi perihal rencana menempati pasar tematik yang menelan anggaran Rp 3,4 miliar tersebut. Salah satu prioritas pembangunan Pemkot ini telah dikoordinasikan sejak tahun 2019 dengan seluruh paguyuban pedagang aneka loakan.

Mengingat, loak adalah salah satu komoditas yang cukup produktif dalam menumbuhkan dan menggerakkan perekonomian. Berdasarkan informasi dari paguyuban, omzet mereka bisa tembus lebih dari Rp 500 juta tiap bulannya.

"Maka, dengan potensi luar biasa tersebut, layak jika kemudian Pemkot Mojokerto memfasilitasi berupa dukungan infrastruktur memadai dan representatif bagi pedagang," ujar Ning Ita.

"Harapannya dapat menarik pembeli dari berbagai daerah untuk bisa datang kesini, sehingga omzet kedepan bisa terus ditingkatkan," ungkap Ning Ita.

Nantinya yang akan dialokasi ke pasar tersebut adalah para pedagang loak di Pasar Cakar Ayam, Pasar kliwon, dan hasil penertiban di Jalan Karyawan dan Jalan Niaga.

Pada sidak kali ini, Wali kota Ika Puspitasari yang turut didampingi Kepala Diskopukmperindag Ani Wijaya dan Kepala UPTD Pasar Tradisional Sutikno, juga mengunjungi Pasar Rakyat Ketidur yang terletak di area yang sama. (ank/inf)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional