Buka Musrenbang Kelurahan Surodinawan, Ning Ita Ajak Warga Kembangkan Potensi Wisata - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Buka Musrenbang Kelurahan Surodinawan, Ning Ita Ajak Warga Kembangkan Potensi Wisata


Mojokerto-(satujurnal.com)

Kelurahan Surodinawan merupakan salah satu wilayah di Kota Mojokerto yang sarat potensi kepariwisataan. Karena di salah satu wilayah kecamatan Prajuritkulon ini terdapat kompleks pemakaman. Setempat disebut makam Pekuncen. 


Sejumlah tokoh yang dimakamkan di lokasi tersebut, diantaranya Bupati Mojokerto Kedua, Bupati Mojokerto Ketiga, pahlawan nasional pendiri koperasi Raden Panji Suroso, serta mantan Bupati Gresik.

Potensi inilah yang perlu terus dikembangkan dan diperkenalkan secara luas oleh para pelaku pariwisata maupun warga setempat.

Wali kota Mojokerto Ika Puspitasari mengutarakan soal potensi kepariwisataan itu saat membuka Musrenbang Kelurahan Surodinawan, Selasa (24/1/2023).

Mengingat, pengembangan pariwisata menjadi salah satu fokus pembangunan Kota Mojokerto tahun 2024. Salah satu wilayah yang memiliki potensi wisata adalah Kelurahan Surodinawan. Di Kelurahan tersebut terdapat makam sejumlah tokoh nasional.

"Mulai dari bupati Mojokerto kedua, bapak pendiri koperasi pertama Indonesia, ini bisa menjadi wisata religi," ungkap wali kota. 

Upaya yang telah dilakukan Pemkot Mojokerto, katanya lebih jauh  salah satunya yaitu dengan membentuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata). Berbagai pelatihan bagi Pokdarwis diharapkan mendukung pengelolaan wisata di sekitar warga. Namun, meski telah mendapat intervensi dari pemkot, peran warga juga tidak kalah penting.

"Maka bagaimana masyarakat di linkungan ini harus sadar betul bagaimana sebagai tuan rumah untuk sebuah daerah pariwisata," ujar wali kota yang akrab disapa Ning Ita ini.

Dalam pandangannya, apabila warga sekitar memiliki kesadaran tersebut, maka para wisatawan akan merasa nyaman dan berkemungkinan besar untuk kembali berkunjung. (ank/inf)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional