Ketahanan Ekonomi Masih Jadi Prioritas Pembangunan Kota Mojokerto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ketahanan Ekonomi Masih Jadi Prioritas Pembangunan Kota Mojokerto


Mojokerto-(satujurnal.com)

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menyatakan, ketahanan ekonomi masih menjadi prioritas pembangunan di Kota Mojokerto di tahun 2024 mendatang.


Pernyataan orang nomor wahid di lingkup Pemkot Mojokerto tersebut disampaikan saat membuka Musrenbang Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Rabu (25/1/2023).

“Ketahanan ekonomi ini bersumber pada rantai produksi pariwisata kemudian dikuatkan dengan ekonomi kreatif melalui beberapa fokus yaitu infrastruktur yang terintegrasi, dalam artian terhubung dari satu wilayah ke wilayah lainnya,” jelas wali kota.

Lebih lanjut sosok yang akrab disapa Ning Ita ini menjelaskan, ketahanan ekonomi juga bersumber pada transformasi digital, dalam hal ini masyarakat tidak hanya berpartisipasi dalam pemberdayaan secara konvensional, tetapi juga dalam pemahaman dan implementasi dalam berbagai bidang kehidupan terutama ekonomi yang mengarah pada digitalisasi.

“Dan hal ini sudah berjalan sejak 3 tahun yang lalu, sudah ada ribuan UMKM yang mendapatkan pelatihan tentang bagaimana berdagang melalui E-Marketplace,” jelasnya.

Bukan hanya itu, dalam pelatihan tersebut juga membahas bagaimana cara membuat toko daring, bagaimana mendaftarkan diri melalui E-Katalog LKPP agar UMKM bisa mengikuti pengadaan barang dan jasa yang diselenggarakan oleh pemerintah kota.

Dalam musrenbang tersebut juga membahas tentang bagaimana cara menjaga stabilitas sosial politik yang merupakan tema kebijakan pada tahun 2024. Hal ini dikarenakan pada tahun 2024 merupakan tahun demokrasi, yang mana dalam satu tahun terdapat dua kali pemilu.

Sementara arah kebijakan tahun 2024, yakni menguatkan ketahanan dan pemerataan ekonomi masyarakat dengan pengembangan rantai produksi pariwisata dan ekonomi kreatif melalui infrastruktur terintegrasi, transformasi digital, dan stabilitas sosial politik. (ank/inf)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional