Roadshow Musrenbang, Ning Ita Awali di Kelurahan Prajurit Kulon - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Roadshow Musrenbang, Ning Ita Awali di Kelurahan Prajurit Kulon


Mojokerto-(satujurnal.com)

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari melakukan roadshow Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023 di level Kelurahan.


Tidak saja untuk memastikan salah satu tahapan dalam proses Musrenbang sudah mengakomodir usulan kegiatan dengan pendekatan dari bawah ke atas, namun turunnya orang nomor wahid di Kota Mojokerto juga untuk memastikan setiap usulan pembangunan sudah sesuai dengan arah kebijakan pembangunan yang telah ditetapkan oleh Kepala Daerah. 

Demikian disampaikan Wali Kota dalam roadshow perdana Musrenbang di pendopo Kelurahan Prajurit Kulon, Senin (16/1/2023).

"Di forum ini akan kita kuatkan bagaimana peran serta aktif masyarakat dalam rangka memutarkan perekonomian di Kota Mojokerto. karena itulah UMKM terus kita kuatkan, ekonomi kreatif terus kita kuatkan, jadi bantuan modal usaha dan pendampingan untuk KUBE dan Inkubasi wirasusaha terus kita kuatkan dalam rangka menjaga pertumbuhan ekonomi di kota mojokerto tertap tumbuh positif,” kata Ning Ita, sapaan karib Wali Kota Ika Puspitasari. 

Dipaparkan Ning Ita, pada tahun 2024 arah kebijakan pembangunannya adalah, menguatkan ketahanan dan pemerataan ekonomi masyarakat dengan pengembangan rantai produksi pariwisata dan ekonomi kreatif melalui infrastruktur terintegrasi, transformasi digital, dan stabilitas sosial politik. 

Ia kembali menegaskan, bahwa potensi Kota Mojokerto adalah pada perdagangan dan jasa.

"Dalam sektor pariwisata pada tahun ini akan dibangun Wisata Bahari Mojopahit di Rejoto. Kalau pembangunan berjalan lancar tahun 2024 sudah bisa beroperasi dan pasti masyarakat sekitar yang akan mendapat dampaknya,” ujarnya.

Ning Ita juga menjelaskan untuk transformasi digital di Kota Mojokerto sudah ada titik-titik wifi gratis diseluruh RW yang bisa dimanfaatkan untuk pendidikan maupun para pelaku UMKM yang berjualan secara online di marketplace.

“Sudah kita upayakan diseluruh RW sudah terpasang wifi gratis, yang manfaatnya ganda. Selain menyediakan jaringan internet bagi anak-anak untuk pendidikan harapan kami juga bisa dimanfaatkan oleh UMKM yang berjualan online,” tuturnya.7

Tentang stabilitas politik, Ning Ita menyampaikan bahwa pada tahun 2024 merupakan pesta demokrasi untuk Bangsa Indonesia oleh karena itu, hal ini menjadi penting untuk menjadi prioritas.

“Sepanjang tahun 2024 akan ada Pemilu dan Pemilukada. Pada bulan Februari akan ada Pemilihan Presiden (Pilpres), pemilihan anggota DPD RI, Pemilihan anggota DPR RI anggota DPRD Provinsi dan Anggota DPRD Kota. Dan dibulan September akan ada Pemilukada untuk memilih gubernur dan wali kota,” jelasnya.

Ning Ita juga berharap agar semua keputusan yang dihasilkan dalam Musrenbang ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dan menjadikan warga Kota Mojokerto lebih sejahtera.

Sebelum Musrenbang Kelurahan Prajurit Kulon digelar, sudah diawali dengan Pra Musrenbang yang digelar pada 10 Januari 2023 lalu. (ank/inf)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional