Susun RPD, Pemkot Bentuk Forum Konsultasi Publik, Gandeng Tenaga Ahli Unibraw - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Susun RPD, Pemkot Bentuk Forum Konsultasi Publik, Gandeng Tenaga Ahli Unibraw


Mojokerto-(satujurnal.com)

Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto mulai menyusun Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kota Mojokerto tahun 2024-2026. 


Untuk kepentingan ini Pemkot menggandeng tenaga ahli dari Universitas Brawijaya Malang, Andy Kurniawan SAP, MAP dengan melibatkan sejumlah pimpinan perusahaan, akademisi, organisasi masyarakat, organisasi profesi, organisasi wanita, serta pelaku UMKM dalam forum konsultasi publik yang digelar di di ruang Sabha Mandala Madya, Senin (30/1/2023). 

Kepala Badan Perencanan, Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (BAPPEDALITBANG) Kota Mojokerto Agung Moeljono menjelaskan, penyusunan dokumen RPD merupakan instruksi langsung Menteri Dalam Negeri dalam Inmendagri No 52 Tahun 2022.

Diintruksikan, bagi daerah yang pimpinan daerahnya masa jabatannya berakhir tahun 2023 untuk menyusun dokumen perencanaan pembangunan menengah daerah tahun 2024-2026.

Di dalam penyusunan RPD 2024-2026 harus bisa menjaga kesinambungan antara pusat, provinsi, dengan kabupaten/kota, mengingat jelang pemilukada serentak yang akan dilaksanakan di tahun 2024.

"Jadi ini harus ada kesinambungan karena belum ada wali kota definitif, maka wali kota yang sekarang yang diberi tugas menyusun ini, supaya pembangunan kedepan ketika tidak ada wali kota definitif masih tetap menjaga kesinambungan dengan program pemerintah pusat maupun provinsi," terang Agung.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, penyusunan RPD ini menjadi penting karena akan menjadi guidance (panduan) bagaimana pembangunan Kota Mojokerto selama tiga tahun kedepan. 

"Dokumen RPD Ini akan menjadi panduan bagi seluruh OPD dalam bekerja tiga tahun kedepan setelah masa jabatan wali kota ini berakhir di tahun ini," terang Wali Kota perempuan pertama di Kota Mojokerto yang karib disapa Ning Ita tersebut.

Ditegaskan, sebagai dasar penyusunan RPD tahun 2024-2026, adalah visi-misi dalam RPJMD Kota Mojokerto tahun 2005-2025, analisa sasaran pokok dan arah kebijakan RPJMD tahap keempat, serta isu strategis aktual.

"Saya berharap seluruh stake holder yang hadir ini bisa memberikan sumbangsih saran dan masukan untuk menyempurnakan, kita bersama-sama kuatkan sinergi dan kolaborasi untuk kebaikan Kota Mojokerto kedepan," pungkasnya.

Sebagai informasi, Pemkot Mojokerto telah menentukan arah kebijakan pembangunan tahun 2024-2026 sebagai berikut :

Tahun 2024 "Menguatkan Ketahanan ekonomi kota melalui optimalisasi potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang didukung dengan pembangunan infrastruktur berkelanjutan serta transformasi tata kelola pemerintahan".

Tahun 2025 "Memantapkan pertumbuhan ekonomi melalui implentasi green economy dan penguatan kerjasama antar daerah".

Tahun 2026 " Penguatan daya saing SDM untuk akselerasi pembangunan yang inklusif dalam rangka menjaga kualitas hidup masyarakat berbasis social capital". (ank/inf)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional