BPK Jatim Beri Arahan Sebelum Periksa LKPD 2022 Kota Mojokerto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

BPK Jatim Beri Arahan Sebelum Periksa LKPD 2022 Kota Mojokerto


Mojokerto-(satujurnal.com)

Tim Perwakilan BPK Jatim mengunjungi Pemkot Mojokerto, Jumat (16/2/2023), untuk melakukan pemeriksaan pendahuluan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2022 sekaligus memberikan sejumlah arahan, diantaranya untuk meningkatkan performa kualitas laporan keuangan.


Arahan disampaikan langsung Kepala Perwakilan BPK Jatim Karyadi di ruang Sabha Mandala Madya, Kantor Pemkot Mojokerto. Dalam arahannya, Karyadi berharap agar Kota Mojokerto tumbuh menjadi daerah yang memiliki kemandirian fiskal.

“Mari kita bantu untuk mengoptimalisasikan PAD kita. Artinya, dengan database yang akurat, valid, dengan pengolahan maksimal, insyaAllah bisa survive. Jadi izin, tim kami juga akan sedikit fokus pada pendapatan potensi-potensi daerah,” kata Karyadi dihadapan Walikota, Ketua DPRD Sunarto dan Sekdakot Gaguk Tri Prasetyo serta para kepala OPD, kepala BLUD (Badan Layanan Umum Daerah), Camat dan Lurah se-Kota Mojokerto.

Lebih jauh ia memaparkan sejumlah upaya optimalisasi yang bisa dilakukan. Diantaranya dengan memastikan pihak swasta/ pribadi, seperti rumah makan, perumahan, pembebasan tanah industri, dan reklame, untuk melakukan pembayaran pajak secara tertib.

Selain itu, Karyadi juga memberikan arahan terkait upaya-upaya yang harus dilakukan dalam rangka meningkatkan akuntabilitas dalam penggunaan anggaran daerah sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang.

Sementara, Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari  berharap agar para peserta yang hadir dapat menerapkan arahan tersebut.

“Semoga dengan kedatangannya Pak Karyadi bersama tim, akan banyak memberikan manfaat bagi kita semua dalam rangka penguatan dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah maupun DPRD dalam fungsi pengawasan, bersama-sama bersinergi dalam menjalankan tugas dan fungsi kita masing-masing,” ujar sosok yang akrab disapa Ning Ita tersebut. (ank/inf)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional