Dari Beri Diklat Hingga Cetak Duta Koperasi Sekolah, Cara Pemkot Meregenerasi Perkoperasian - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Dari Beri Diklat Hingga Cetak Duta Koperasi Sekolah, Cara Pemkot Meregenerasi Perkoperasian


Mojokerto-(satujurnal.com)

Sebanyak 40 siswa dari berbagai sekolah tingkat SLTA di Kota Mojokerto terlibat dalam diklat perkoperasian yang digelar Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) setempat.


Selama dua hari, 8 dan 9 Pebruari 2023, puluhan siswa yang diplot menjadi duta koperasi di sekolahnya masing-masing itu mendapatkan materi dasar-dasar koperasi dan kepemimpinan, kepribadian termasuk public speaking.

Kepala Diskopukmperindag Kota Mojokerto Ani Wijaya mengatakan, diklat perkoperasian kalangan milenial itu merupakan upaya Pemkot Mojokerto melakukan regenerasi koperasi.

"Kegiatan koperasi yang ada saat ini didominasi oleh generasi yang usianya rata-rata diatas 30 tahun. Sedangkan regenerasi perkoperasian kita akui masih kurang kita lakukan. Oleh karena itu kami akan menggerakkan secara masif sekolah-sekolah mulai SMA dan SMP untuk belajar mengelola koperasi khususnya koperasi siswa di sekolah masing-masing," terang Ani.

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang menutup kaderisasi perkoperasian di Aula Diskopukmperindag mengatakan, upaya Pemerintah Kota Mojokerto untuk menguatkan koperasi sebagai tonggak perekonomian tidak hanya menyasar kepada UMKM, tetapi juga kepada para generasi muda di Kota Mojokerto. 

"Ilmu perkoperasian kami sampaikan kepada kalian yang masih remaja karena kami ingin hal ini menjadi bekal, tidak hanya sekedear memberi bekal untuk menjadi wirausaha. Tetapi bagaimana berkoperasi dalam rangka ikut menjadi penguat ekonomi Indonesia,” tutur Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota Ika Puspitasari.

Dengan berkoperasi, kata Ning Ita lebih lanjut, para siswa juga akan mendapatkan ilmu, pengalaman dan bisa berkegiatan di luar pelajaran sekolah sebagaimana jika ikut dalam OSIS.

"Semoga apa yang kalian pelajari bisa menjadi tambahan ilmu untuk memperkaya dan meningkatkan kapasitas diri, karena menuntut ilmu tidak hanya bisa dilakukan di bangku sekolah, " pesannya.

Selain menghadirkan narasumber berpengalaman seperti Drs. Akhmad Basuni, Nyong Larunga dan Bawinda Lestari, para peserta semakin bersemangat dengan adanya doorprize yang diberikan secara langsung oleh Ning Ita bagi peserta yang dapat menjawab pertanyaan seputar materi diklat. (ank/inf)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional