Ning Ita Dorong Pemuda Jadi Pencipta Lapangan Kerja Bukan Pencari Kerja - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ning Ita Dorong Pemuda Jadi Pencipta Lapangan Kerja Bukan Pencari Kerja


Mojokerto-(satujurnal.com)

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari berharap generasi muda ingin anak muda Kota Mojokerto memiliki mindset sebagai pencipta lapangan kerja, bukan pencari kerja.


Keinginan orang nomor wahid di Pemkot Mojokerto yang karib disapa Ning Ita tersebut ia cetuskan saat membuka pelatihan Wirausaha Pemuda yang digelar oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Mojokerto di Pendopo Sabha Kridatama, Rumah Rakyat Kota Mojokerto, Senin (13/2/2023).

"Kami ingin mengajak para pemuda, usia produktif ini untuk merubah mindsetnya tidak lagi berupaya mencari pekerjaan, tetapi menciptakan pekerjaan, minimal bagi diri nya sendiri," ungkap Ning Ita.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam skema pelatihan ini Ning Ita ingin ada outcome yang jelas, dengan dilakukan mapping mana yang memiliki keinginan kuat untuk wirausaha, dan mana yang ingin meningkatkan kompetensi.

"Setelah selesai kegiatan ini saya ingin di mapping, berapa orang yang memiliki keinginan kuat untuk berwirausaha, mana yang ingin meningkatkan kompetensi, akan kita fasilitasi melalui berbagai program," jelasnya.

Dalam pelatihan kali ini Ning Ita juga menggandeng beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki program peningkatan kompetensi, seperti Diskopukmperindag dan Dpmptspnaker.

"Peserta tinggal memilih dari hasil peminatan inilah tugasnya Disporapar mengkoordinasikan dengan OPD terkait mau mengikuti pelatihan di dinas mana," terangnya.

Ning Ita berharap, melalui pelatihan seperti ini pemuda Kota Mojokerto akan dapat meningkatkan daya saing, produktif dan mengurangi angka pengangguran.

"Kita siapkan dari hulu sampai hilir, dari A sampai Z, tinggal melihat sejauh mana komitmen mereka (peserta)," pungkasnya.

Pelatihan yang diikuti 40 perwakilan organisasi pemuda ini digelar selama dua hari, tanggal 13 dan 14 Februari 2023 di Pendopo Sabha Kridatama, Rumah Rakyat Kota Mojokerto.

Dalam kesempatan ini, turut dihadirkan sebagai Narasumber, Kepala Dispora Provinsi Jatim Pulung Chausar, dan Kepala Diskopukmperindag Kota Mojokerto Ani Wijaya. Turut hadir pula dalam kesempatan ini, Plt Kadisporapar Kota Mojokerto Jujuk Nurdiansyah. (ank)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional