RSUD DR Wahidin Sudirohusodo Kota Mojokerto Buka Layanan Aplikasi Antrian Online, Ini Tujuannya - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

RSUD DR Wahidin Sudirohusodo Kota Mojokerto Buka Layanan Aplikasi Antrian Online, Ini Tujuannya


Mojokerto-(satujurnal.com)

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto menerapkan sistem antrean online yang bisa diakses pasien dimanapun berada. 


Penerapan sistem online by aplikasi  dipastikan akan mempermudah masyarakat dan mengurangi antrean pasien yang selama ini terjadi di loby RSUD. 


Akhmad Adi Suprayitno, Administrator Kesehatan Ahli Muda RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto menjelaskan, antrean online lewat sistem aplikasi baru diterapkan sejak dua pekan lalu. 

Adi mengatakan, penerapan sistem antrean online merespons banyaknya aduan dari masyarakat yang menggunakan layanan dari rumah sakit milik pemerintah daerah ini harus antre berjam-jam. 

"Karena banyak complain, di awal kita sudah menggunakan balasan WA dari operator, dan akhirnya pembenahan sistem menggunakan aplikasi agar bisa responsif melayani pasien. Ini sudah hampir 80 persenlah," terang Adi saat menerima press tour awak media, Kamis (16/2/2023). 

Dipaparkan, intuk pengambilan nomor antrian pasien BPJS Kesehatan bisa membuka mobile JKN. Bahkan, dapat dilakukan check in melalui aplikasi tersebut dalam radius 1 kilometer dari faskes tujuan. 

"Tapi kalau masih baru (JKN mobile) harus melengkapi rekam medis terlebih dahulu," ujarnya. 

Meski begitu, tiga layanan sentuh di loby masih diterapkan hingga kini. Tujuannya untuk mengurai antrean di rumah sakit serta memberi pelayanan yang akurat dan memberikan akses layanan yang cepat, mudah, nyaman dan berkualitas bagi masyarakat luas. 

"Bisa segera mengetahui hasil pemeriksaan penunjang, mengetahui jadwal kontrol, mengetahui riwayat penyakit, ketersediaan obat pasien, dan ketersediaan tempat tidur di RS. Ada banyak fitur untuk layanan registrasi antar obat dan juga pendidikan kesehatan masyarakat," cetusnya.

Lanjutnya, terkait pendaftaran pasien bisa melalui nomor wa 0812-2345-6478 dan bisa melakukan pendaftaran mulai H-1 sampai dengan H-3 sebelum waktu tanggal periksa pasien.

Salah satu keluarga pasien, Umar Faruk (21) warga Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto mengaku sangat senang dengan diterapkan aplikasi pendaftaran berobat melalui online atau WA di RSUD dr Wahidin Sudiro Husodo. 

Dia yang datang mengantarkan ibunya untuk berobat di RS ini, merasa mendapatkan kemudahan saat mendaftar dan penerimaan pelayanan kesehatan yang diberikan oleh petugas kesehatan.

"Puas, berbagai pelayanan kesehatan yang kami terima dari rumah sakit ini, salut buat Wali Kota Mojokerto," pungkasnya. (ank)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional