Hadiri Musrenbang RKPD Kota Mojokerto 2024, Begini Harapan Wakil Ketua Dewan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Hadiri Musrenbang RKPD Kota Mojokerto 2024, Begini Harapan Wakil Ketua Dewan


Mojokerto-(satujurnal.com)

Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto Sony Basuki Rahardjo menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kota Mojokerto 2024 di Hall Raden Wijaya Hotel and Convention,  Selasa (7/3/2023).


Dalam kesempatan ini Sony  menyampaikan ,pokok-pokok pikiran (pokir) DPRD dalam rangka Musrenbang RKPD Tahun 2024 yang sudah masuk dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Pokir tersusun berdasarkan hasil-hasil kegiatan pengawasan dan pelaksanaan kegiatan reses serta saran dan masukan alat-alat  kelengkapan Dewan dan fraksi-fraksi. 

"Musrenbang merupakan kegiatan strategis dalam tahapan perencanaan pembangunan daerah. Karena melalui forum ini seluruh pemangku kepentingan dapat melakukan penajaman, penyelarasan, dan klarifikasi sehingga tercapai kesepatan terhadap Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD Tahun Anggaran 2024," kata Sony.  

Ia berharap Musrenbang RKPD tahun anggaran 2024 dapat dijadikan sebagai instrumen untuk memadukan pola perencanaan pembangunan top down dan bottom up secara berjenjang. 

"Partisipasi masyarakat secara buttom up adalah salah satu tolak ukur suksesnya pembangunan. Seperti halnya Musrenbang kali ini, tentunya banyak usulan masyarakat dari bawah yang ditampung. Tinggal bagaimana penentuannya mengingat skala prioritas pembangunan dan kemampuan keuangan daerah," imbuhnya.

Menurut Sony, dengan perencanaan bersifat partisipatif, maka program dan kegiatan yang akan dilaksanakan dapat menjawab prioritas kebutuhan masyarakat.

Tentunya pula, kata politisi Partai Golkar itu lebih lanjut, Musrenbang RKPD juga  tidak terlepas dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM), sehingga tiga hal yang harus ditekankan. "Pertama Infrastruktur, kedua program Kesehatan, dan ketiga program Pendidikan," tukasnya.

Musrenbang yang dihelat Bappedalitbang    tersebut dibuka Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dan dihadiri berbagai pihak dari lintas sektor, baik stakeholder maupun masyarakat.

Dari unsur pemerintahan, terdapat Kepala Bakorwil Bojonegoro mewakili Bappedalitbang Jatim, Forkopimda Kota Mojokerto, asisten, staf ahli, kepala OPD, camat, kepala sejumlah instansi vertikal di lingkungan Pemkot Mojokerto. Serta perwakilan Bappedalitbang dari Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Jombang, dan Kabupaten Sidoarjo.

Selain itu juga terdapat perwakilan akademisi, komunitas disabilitas, organisasi keagamaan, organisasi kepemudaan, forum anak, dan oraganisasi masyarakat lainnya di lingkungan Kota Mojokerto.

Wali kota mengatakan, Musrenbang digelar dalam rangka bersinergi dan berkolaborasi untuk bersama-sama mencurahkan ide dan gagasan untuk membangun Kota Mojokerto mendatang.

Keberagaman peserta dalam forum musyawarah tersebut tentu diharapkan bisa menyempurnakan rencana pembangunan yang digodok oleh Pemkot Mojokerto, agar dapat adil dan memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat.

Namun tentu saja, seluruh aspirasi tersebut harus sejalan dengan road map yang telah ditetapkan oleh Pemkot Mojokerto. Yakni, berfokus pada penguatan ketahanan ekonomi kita melalui optimalisasi potensi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang kemudian dibagi menjadi 11 poin prioritas. (one/ADV)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional