Kuliah Kolaborasi Mahasiswa Stikosa-AWS dan Unair di Suara Surabaya - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Kuliah Kolaborasi Mahasiswa Stikosa-AWS dan Unair di Suara Surabaya


Surabaya-(satujurnal.com)

Sebanyak 75 orang mahasiswa Fisip Unair dan Stikosa-AWS mengikuti kuliah kolaborasi di kantor pusat Suara Surabaya Media, jalan Raya Bukit Darmo , Sukoman)unggal Surabaya, Kamis (2/3/2023).  


Mereka melihat langsung proses siaran radio Suara Surabaya FM dan bincang  dengan tim redaksi suarasurabaya.net, tim media sosial, tim grafis dan mendapat wawasan tentang  industri media massa radio dari Eddy Prastyo, Manager Produksi Suara Surabaya.

Dr Sukowidodo, dosen mata kuliah Industri Media Massa FISIP Unair, yang juga penggagas kuliah kolaborasi mengatakan, acara kunjungan ke industri media seperti ini merupakan salah satu implementasi dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Mendikbudristek, Nadiem Makarim. 

“Pembelajaran tidak hanya di bangku kuliah, namun juga melihat langsung dunia industri media di lapangan, sehingga mahasiswa bisa menerapkan ilmu yang didapat dalam mengelola media massa” ujarnya. 

Melalui kuliah kolaborasi ini, Sukowidodo berharap dapat terjadi saling sinergi antara mahasiswa Fisip Unair dan Stikosa-AWS.

Hal senada juga diungkapkan Dr Jokhanan Kristiyono, ST, M.MedKom dosen mata. kuliah Konvergensi Media Stikosa-AWS. Menurut Jokhanan, Suara Surabaya adalah tempat yang baik untuk belajar sistem manajemen media massa yang berkembang di era digital ini. "Perusahaan media ini juga mempunyai unit Riset and Development," ujar Wakil Ketua 1 Stikosa-AWS tersebut.

Para mahasiswa tampak sangat antusias melihat dan bertanya langsung dengan penyiar maupun awak produksi Suara Surabaya Media. 

Ningsa, mahasiswi Unair, mengaku terbuka wawasannya setelah melihat proses produksi siaran.

"Tadinya saya berpikir radio itu cuma sekedar bagaimana cara menyampaikan informasi, namun ternyata banyak juga ilmu yang harus kita punya untuk menjadi seorang programer maupun penyiar” ujarnya. 

Sedangkan Tiko, mahasiswa Stikosa-AWS mengaku terkesan dengan kerjasama tim dalam menghasilkan program acara yang bagus.

Rangkaian acara kuliah kolaborasi ini juga dihadiri oleh Ketua Stikosa-AWS, Dr Meithiana Indrasari, ST, MM, dan sejumlah dosen Stikosa-AWS.***

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional