Peringati Hari Air Sedunia, Pemkot Mojokerto dan Warga Kerjabakti Bersihkan Bantaran Sungai - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Peringati Hari Air Sedunia, Pemkot Mojokerto dan Warga Kerjabakti Bersihkan Bantaran Sungai


Mojokerto-(satujurnal.com)

Pemerintah Kota Mojokerto melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar kerja bakti membersihkan bantaran aliran sungai Brangkal di lingkungan Surodinawan, Prajurit Kulon, Jumat (17/3/2023) pagi.


Agenda kerja bakti rutin sebulan sekali ini, kali ini bertepatan dengan momentum peringatan Hari Air Sedunia 2023, pada 22 Maret kendatang. Sehingga agenda tersebut sekaligus menjadi refleksi bersama.


"Ini menjadi salah satu upaya menjaga air kita. Dengan merawat fasiltas penunjang yang ada, termasuk bantaran sungainya," ujar Plt. Kepala  DLH Kota Mojokerto, Amin Wachid. 

Air menjadi salah satu entitias penting bagi keberlangsungan makhluk hidup. Sehingga, menjaga ketersediaan dan kualitas air sangat diperlukan. Terlebih, di tengah perkembangan zaman saat ini, dimana ancaman pencemaran air semakin marak.

Pada kerja bakti kali ini, bersih-bersih difokuskan untuk menyiangi rumput, ilalang, serta tanaman liar yang tumbuh di atas tanggul bantaran sungai. 

"Ada tanaman-tanaman yang tumbuh di area yang tidak sesuai peruntukannya. Keberadaan tanaman, pohon-pohon tersebut menyebabka tanggul rawan ambrol," ujar perwakilan Bagian Sumber Daya Air, Dinas PUPR Perakim Basuki Ismail.

Akar tanaman yang terus tumbuh, semakin kuat, dapat mengurangi kekuatan tanggul. Sehingga tanggul semakin terkikis, dan ambrol sewaktu-waktu, membahayakan masyarakat sekitar tanggul.

Selain peringatan hari air, kegiatan tersebut secara tidak langsung juga menjadi media edukasi bagi masyarakat agar senantiasa bahu-membahu, bekerja sama dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. (ank)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional