Ning Ita Hadiri Silaturahmi dan Komitmen Bersama Forkopimda Provinsi Jatim - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ning Ita Hadiri Silaturahmi dan Komitmen Bersama Forkopimda Provinsi Jatim


Mojokerto-(satujurnal.com)

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menghadiri pertemuan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se- Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, Selasa (11/4/2023).


Ning Ita sapaan akrab wali kota menyampaikan bahwa pertemuan ini adalah untuk menguatkan sinergitas jajaran Forkopimda se-Jawa Timur serta untuk menyusun rencana aksi sebagai antisipasi tindak kriminalitas khususnya menjelang hari raya idul fitri.

“Arahan dari Ibu Gubernur bahwa masing-masing daerah agar menyiapkan detail plan dan action plan yang terukur supaya Jatim tetap ayem tentrem guyub rukun," kata Ning Ita menyampaikan pesan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa salah satu poin yang perlu menjadi perhatian untuk keamanan dan ketentraman di Jawa Timur adalah esktremisme, radikalisme, dan intoleransi di masyarakat.

“Radikalisme dan ekstremisme perlu diwaspadai bersama, karena kelompok-kelompok ini dapat menimbulkan keresahan pada masyarakat,” jelasnya.

Ning Ita pun menuturkan bahwa warga Kota Mojokerto di memiliki toleransi yang tinggi khususnya dalam beragama. “Bisa kita lihat bahwa di Kota Mojokerto toleransi antar umat beragama sangat tinggi, enam agama ada di Kota Mojokerto dan lihat tidak pernah ada keributan antar umat beragama di kota tercinta ini. Semua umat beragama dapat hidup berdampingan,” imbuhnya.

Sebagai simbol bahwa kerukunan antar umat beragama terjalin dengan baik di Kota Mojokerto nantinya akan dibangun tempat ibadah untuk enam agama di Kawasan Wisata Taman Bahari Mojopahit.

Pada kesempatan ini Ning Ita juga menyampaikan bahwa pihaknya bersama jajaran Forkopimda Kota Mojokerto serta semua tokoh agama dan tokoh masyarakat siap bersinergi untuk menjaga kondusifitas di Kota Mojokerto. “Dengan sinergi semua pihak insya Allah kondusifitas dan keamanan di Kota Mojokerto dapat terjaga,” pungkasnya.

Dalam forum ini juga dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama antara Dirintelkam Polda jatim dengan para pengurus pencak silat di Jawa Timur dengan disaksikan oleh Gubernur Jatim. Serta penyerahan penghargaan oleh Kapolda Jatim Irjen Pol. Toni Harmanto bagi daerah yang telah melakukan pemasangan palang pintu kereta api di daerahnya. (an/inf*)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional