Peringati Hari Otoda, Ning Ita Paparkan Capaian Prestasi - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Peringati Hari Otoda, Ning Ita Paparkan Capaian Prestasi


Mojokerto-(satujurnal.com)

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari memimpin upacara peringatan hari Otonomi Daerah (Otoda) ke XXVII tahun 2023 di Halaman Kantor Wali Kota Mojokerto, Jl. Gajah Mada, No. 145, Kota Mojokerto, Sabtu (29/4/2023).


Dalam peringatan hari Otonomi Daerah (Otoda) ke XXVII tahun ini mengusung tema "Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul" tersebut, Wali Kota Ika Puspitasari memaparkan sejumlah prestasi, antara lain IPM di Kota Mojokerto tahun 2022 yang mencapai 79.32%, dan angka kemiskinan di Kota Mojokerto hanya tinggal 5.98%, angka stunting di Kota Mojokerto juga turun drastis di angka 3,12%. 

Ia pun mengimbau seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk terus melakukan terobosan dan inovasi untuk menggali berbagai potensi yang dapat memberikan nilai tambah dan manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Mari kita melakukan refleksi sejenak untuk kembali memahami esensi filosofis dari di tetapkannya otonomi daerah yang saat ini genap berusia 27 tahun," ujar sosok yang akrab disapa Ning Ita tersebut.

Lebih jauh dikatakan, tujuan dilaksanakannya otonomi daerah dengan mendesentralisasikan sebagaian kewenangan, sejatinya untuk menjadikan daerah untuk mencapai kemandirian fiskal dengan menggali berbagai potensi yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan.

"Setelah 27 tahun berjalan, otonomi daerah telah memberikan dampak positif dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia (IPM), bertambahnya PAD dan kemampuan fiskal daerah," terangnya. (ank/inf*)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional