Proyek Tahap II Pasar Hewan Sekar Putih Sentuh Puluhan Kios, Taman dan Tugu Cagar Budaya - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Proyek Tahap II Pasar Hewan Sekar Putih Sentuh Puluhan Kios, Taman dan Tugu Cagar Budaya


Mojokerto-(satujurnal.com)

Proyek tahap II  pasar hewan Sekar Putih Kota Mojokerto bakal segera digelar. Di area ini akan dibangun puluhan kios, taman serta tugu cagar budaya. 


Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan hal itu saat melakukan peninjauan lapangan menyusul bakal dimulainya proyek tahap II pasar hewan Sekar Putih, Rabu (26/4/2023).

"Proyek tahap dua masih berproses di PBJ untuk lansdscape, pagar dan sisa kios. Jadi kios (warung) yang terbangun kan baru 10 sedangkan kebutuhan untuk memfasilitasi pedagang di pinggir jalan kurang lebih ada 50," kata Wali Kota Ika Puspitasari.

"Di sekitar pasar hewan Sekarputih ini  ada dua tugu cagar budaya peninggalan Belanda. Dua tugu ini akan kita lakukan revitalisasi sekaligus akan ada taman dengan tema Mojopahit," cetusnya.

Wali kota yang biasa disapa Ning Ita tersebut menyampaikan bahwa minat masyarakat untuk memanfaatkan pasar hewan terpusat ini lebih tinggi dibanding pasar hewan sebelumnya (Pasar Cakarayam). Oleh karena itu pembangunan sarana pendukung secepatnya akan segera dilaksanakan.

"Kami upayakan setelah lebaran besok, alat berat akan kita turunkan untuk segera membuatkan akses alternatif sebelum proyek tahap dua berjalan," kata Ning Ita.

Ia berharap dengan memasukkan para pedagang di sekitar pasar hewan akan menjadikan kios lebih tertata.

"Harapan kami ke depan di sepanjang jalan Sekarputih akan bersih, tidak ada kekumuhan lagi, karena warung-warung liar kita fasilitasi masuk di dalam pasar," tuturnya. (one/inf*)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional