Wali Kota Mojokerto Ajak Masyarakat Hadiri Tabligh Akbar Nuzulul Qur'an - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Wali Kota Mojokerto Ajak Masyarakat Hadiri Tabligh Akbar Nuzulul Qur'an


Mojokerto-(satujurnal.com)

Pemkot Mojokerto menggelar tabligh akbar dalam rangka peringatan Nuzulul Qur’an Tahun 1444 Hijriah yang akan dilangsungkan di sisi barat Alun-Alun Kota Mojokerto Kamis (6/4/2023).


Tabligh akbar terbuka untuk umum dengan menghadirkan KH. Imam Chambali, mubaligh asal Surabaya dan host Abah Topan diperkirakan bakal dipadati ribuan jamaah.

Kegiatan yang dimulai pukul 19.30 WIB ini akan dihadiri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. 

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari yang menginisiasi acara tersebut mengajak warga masyarakat hadir dalam kegiatan keagamaan di bulan suci Ramadhan ini. 

“Bapak-Ibu, Sedherek sedoyo, monggo rawuh. Monggo semuanya kita berkumpul, bermuhasabah diri, dan menjadikan momentum ini untuk meningkatkan kecintaan kita kepada Al Qur’an,” kata Wali Kota , Rabu (5/4/2023).

Ning Ita, sapaan karib Wali Kota Ika Puspitasari menyebut, Al-Qur'an sebagai pedoman utama umat Islam harus terus dibumikan terutama di bulan suci Ramadhan. 

"Marilah bersama-sama dengan momentum Nuzul Quran ini kita jadikan sebagai kekuatan yang dilandasi dengan Al-Qur'an," katanya. 

Dalam acara tersebut diharapkan, jamaah mengenakan kemeja atau busana bernuansa putih. 

“Setidaknya ada dua nuansa sekaligus dalam kegiatan ini, yakni nuansa keagamaan yang bertujuan meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, juga solidaritas dalam nuansa kesalehan sosial di bulan ramadhan,” ujar Ning Ita, menyebut filosofi warna putih. 

Selain itu, Ning Ita juga mengajak untuk menjaga kebersihan lokasi acara. “Jangan lupa... sedoyo, agar selalu menjaga kebersihan tempat acara. Ketika panjenengan rawuh, tempat sudah bersih. Maka, saat acara selesai juga seharusnya bersih,” tegas Ning Ita.

Sebagaimana telah jama diketahui. Terutama oleh kalangan umat Muslim, Nuzulul Qur’an merupakan istilah untuk peristiwa diturunkannya Mukjizat Al-Qur’an pertama kali oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril. Dalam sejumlah riwayat, menyebut jika peristiwa turunnya ayat 1-5 surat Al Alaq ini terjadi saat malam 17 Ramadhan.

Momentum Nuzulul Qur’an menjadi penuh makna bagi umat Islam. Mengingat, pentingnya peran Al Qur’an, yakni sebagai kitab panduan hidup umat Muslim sepanjang massa. Oleh karenanya, setiap tahun di bulan Ramadhan, pada tanggal tersebut umat Muslim akan memperingatinya sebagai Hari Turunnya Al Qur’an. (one/adv)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional