Komisi II Kembali Akan Gelar RDP Bahas Temuan Sidak di Bangunan Baru Gedung Dewan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Komisi II Kembali Akan Gelar RDP Bahas Temuan Sidak di Bangunan Baru Gedung Dewan


Mojokerto-(satujurnal.com)

Komisi II DPRD Kota Mojokerto kembali akan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas PUPRPRKP.


RDP digelar sebagai tindaklanjut inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan Komisi yang membidangi perekonomian dan pembangunan itu untuk memastikan mutu bangunan proyek gedung DPRD baru senilai Rp 27,41 miliar yang sudah rampung akhir tahun lalu.

"Segera kami agendakan RDP (rapat dengar pendapat) dengan Dinas PUPRPRKP, untuk mengkonfirmasikan beberapa temuan dalam sidak hari ini," kata Ketua Komisi II DPRD Kota Mojokerto Agus Wahjudi Utomo, usai sidak Senin (8/5/2023).

Dari hasil penelusuran dalam sidak yang dipimpin langsung Ketua DPRD Sunarto bersama Wakil Ketua Junaidi Malik dan Sony  Basuki, Komisi II memberikan catatan krusial, antara lain kebocoran di beberapa titik bangunan di lantai dua. Kurangnya kamar  mandi, juga dilantai dua. Beberapa sudut lantai juga bergelombang.

Sedang di bangunan yang diplot sebagai ruang sidang, menurut Agus, pencahayaan relatif kurang, bahkan bisa dikata 'gelap'. Pun pendingin, jendela dan ventilasi udara masih kurang. 

Senyampang masih ada waktu sebelum dimanfaatkan, Komisi II meminta temuan itu bisa segera ditindaklanjuti.

Dari hasil penelusuran di sudut luar bangunan, Komisi II meminta penambahan akses bagi penyandang disabilitas.

"Dari sisi luar bangunan sudah bagus. Tapi kita katakan belum ramah disabilitas karena aksesnya tidak ada. Kalau tidak ada dalam perencanaan, perlu penambahan akses (disabilitas)," tekannya. 

"Kami minta Dinas PUPRKP lebih serius menindaklanjuti. Pembenahan dan perbaikan itu perlu segera dilakukan, agar saat ditempati nanti tidak muncul komplain," cetusnya.

Selain soal perbaikan, Komisi II juga meminta agar di gedung Dewan itu ada patung Burung Garuda sebagai lambang NKRI.

"Selain itu, perlu dibangunkan podium," tukasnya.

Soal waktu dimulainya penempatan gedung DPRD yang didanai APBD secara multiyears, menurut Agus yang menempati anggota Dewan hasil Pileg 2024. 

"Yang menempati nanti anggota Dewan periode berikutnya," ujar Agus diplomatis. (one/ADV)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional