Pemkot Mojokerto Terus Perkuat Kelembagaan Koperasi - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Pemkot Mojokerto Terus Perkuat Kelembagaan Koperasi


Mojokerto-(satujurnal.com)

Sebanyak 90 orang  pengawas dan pengurus koperasi di wilayah Kota Mojokerto mengikuti diklat penyusunan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) dan standar operasional prosedur (SOP) bagi koperasi yang digelar Pemkot Mojokerto selama dua hari, 22-23 Mei 2023.


Diklat yang digelar di Ruang Sabha Mandala Madya Kantor Pemerintah Kota Mojokerto ini menghadirkan narasumber dari Lembaga Diklat Profesi Jaya Edukasi Kediri, Abdul Ghoni, SE. Ak, bertujuan untuk penguatan kelembagaan koperasi.

"Selama tiga tahun kita istiqomah, menyediakan anggaran untuk melatih, mendampingi terhadap koperasi - koperasi yang ada di Kota Mojokerto," kata Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, saat membuka diklat, Senin (22/5/2023).

Melalui berbagai upaya tersebut, selama tiga tahun, terjadi kenaikan jumlah koperasi dengan kategori sehat dari 20 koperasi pada tahun 2020, menjadi 32 koperasi kategori sehat di tahun 2023.

"Kita tidak akan berhenti, sampai nanti seluruh koperasi se-Kota Mojokerto menjadi sehat, ini perlu komitmen, baik pemerintah maupun pihak pengelola koperasi," terang Ning Ita sapaan akrab wali kota.

Ia juga berpesan agar koperasi yang sudah dalam kategori sehat untuk senantiasa menjaga agar terus sehat, sementara koperasi yang belum sehat diupayakan supaya terjadi peningkatan menjadi kategori sehat.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil & Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kota Mojokerto, Ani Wijaya berharap diklat penyusunan AD/ART dan SOP bagi koperasi ini akan menjadikan jumlah koperasi dengan kategori sehat di Kota Mojokerto semakin bertambah.

"Semoga pelatihan ini akan memberikan manfaat, kedepan koperasi yang sehat akan semakin bertambah dan masyarakat semakin sejahtera," katanya. (ank/inf)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional