Perkuat Sentra IKM, Diskopukmperindag Kota Mojokerto Gelar Pelatihan Membatik - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Perkuat Sentra IKM, Diskopukmperindag Kota Mojokerto Gelar Pelatihan Membatik


Mojokerto-(satujurnal.com)

Sebanyak 30 orang warga Kota Mojokerto mengikuti pelatihan dasar membatik yang digelar 


Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskopukmperindag) di Gedung Workshop Alas Kaki, Jalan Surodinawan Kecamatan Prajuritkulon.

Pelatihan yang digelar selama tiga hari dari tanggal 22 sampai dengan 24 Mei 2023 ini menghadirkan Owner Naraya Batik, Tanjung Bumi, Bangkalan, Misnari sebagai narasumber. .

Nantinya, puluhan warga tersebut bersama para perajin batik senior Kota Mojokerto akan menjadi support system sentra IKM batik yang akan segera dibangun di wilayah Kedungsari sebagai bagian dari kawasan wisata Taman Bahari Mojopahit yang juga akan di bangun tahun ini di wilayah Rejoto.

"Batik adalah bagian dari wisata yang akan kita kembangkan di Kota Mojokerto, maka kita juga perlu untuk mengajak masyarakat Kota Mojokerto semakin banyak yang ikut memproduksi batik, arahnya kesana," ungkap Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari saat mengunjungi peserta pelatihan, Rabu (24/5/2023).

Kita, kata Ning Ita, sapaan karib Wali Kota Ika Puspitasari, harus bangga, kedepan kota kita ini akan melejit pertumbuhan ekonominya karena ada banyak sekali pembangunan sentra-sentra untuk pertumbuhan ekonomi yang kita sediakan. 

"Silahkan kesempatan baik ini dimanfaatkan sebaik mungkin, ditekuni betul-betul," ujarnya.

Tidak hanya melihat proses pelatihan, Ning Ita juga mencoba mencanting yang merupakan bagian dari proses membuat batik. 

Sementara itu Kepala Diskopukmperindag Kota Mojokerto Ani Wijaya mengatakan, pelatihan dasar membatik ini diikuti 30 peserta dengan 2 peserta difabel didalamnya. Nantinya beberapa dari peserta pelatihan akan dipilih untuk diikutkan pelatihan lanjutan di Balai Batik Jogja selama empat hari bersama para senior batik lainnya.

"Perjalanan untuk pemberdayaan, pelatihan dan pembinaan batik tahun ini akan luar biasa karena dari Kementerian Perindustrian kita diberikan anggaran khusus selama satu tahun ini," terangnya. (ank/inf)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional