Festival Bakar Sate Jadi Penghujung Kegiatan Hari Jadi ke-105 Kota Mojokerto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Festival Bakar Sate Jadi Penghujung Kegiatan Hari Jadi ke-105 Kota Mojokerto


Mojokerto-(satujurnal.com)

Festival Bakar Sate menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah menjadi  penghujung kegiatan hari jadi ke-105 Kota Mojokerto.


Gelaran bernuansa bakar sate massal yang digelar di area Pasar tematik, Ketidur, Blooto, Prajurit Kulon, Kamis (29/6/2023) malam diikuti 57 kelompok peserta dari unsur OPD dan umum. 

Di ajang  ini setiap kelompok peserta berupaya menunjukkan performance terbaik mereka. Selain cita rasa sate yang ditonjolkan, mereka juga mengenakan aneka kostum yang terbilang unik. 

Selain aroma bakaran ribuan tusuk sate di hamparan ratusan panggangan yang mengundang selera, yel-yel kreatif dan unik kian menyemarakkan festival memperebutkan piala Wali Kota Mojokerto tersebut. 

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari mengatakan, festival bakar sate punya tujuan, selain syiar Idul Adha, juga pengembangan wisata kuliner. 

"Festival Ini juga dalam rangka mendukung program Kota Mojokerto menuju kota wisata sejarah dan budaya karena berlimpahnya kuliner yang sangat enak yang sangat layak dinikmati di Kota Mojokerto," ungkap Ning Ita sapaan akrab wali kota.

Ia berharap, Festival Bakar Sate juga bisa menjadi wadah untuk melestarikan budaya. Karena pada momen peringatan Idul Adha, sate menjadi olahan menu yang paling diminati oleh masyarakat.

"Maka, Pemkot Mojokerto memfasilitasinya melalui Festival Bakar Sate untuk memberikan ruang kreativitas bagi masyarakat untuk menyajikan sate yang terenak dan yang terbaik di dalam festival ini," paparnya.

Juri festival akhirnya menetapkan Juara 1 Rasa Sate Terlezat kategori umum diraih oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Mojokerto dan kategori OPD dimenangkan Diskopukmperindag Kota Mojokerto.

Sedangkan Juara 1 Penyajian dan Dekorasi Terbaik kategori umum kembali diraih DWP Kota Mojokerto dan Diskopukmperindag Kota Mojokerto dari Kategori OPD.

Sementara Juara 1 Kostum dan Yel-Yel Terbaik kategori umum diraih oleh GOW Kota Mojokerto dan kategori OPD diraih Disporapar Kota Mojokerto. (ank/inf*)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional