Ning Ita Ajak Muslimat NU Kota Mojokerto Tingkatkan Peran Perempuan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ning Ita Ajak Muslimat NU Kota Mojokerto Tingkatkan Peran Perempuan


Mojokerto-(satujurnal.com)

Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menuturkan, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW harus dijadikan sebagai momentum meneladani Rasulullah dari berbagai aspek kehidupan, termasuk peningkatan peran perempuan. 


Ning Ita, sapaan karib Wali Kota Ika Puspitasari menyatakan hal itu saat memberi sambutan dalam Tahil Kubro Memperingati Maulid Muhammad Saw 1445 H yang digelar PC Muslimat NU Kota Mojokerto di Convention Hall Lantai 4, MPP Gajah Mada, Sabtu (7/10/2023).

Ning Ita yang juga Ketua PC Muslimat NU Kota Mojokerto menyampaikan apresiasinya kepada salah satu Badan Otonom (Banom) NU tersebut yang telah turut serta dalam pembangunan di Kota Mojokerto. Seperti pendidikan, kesehatan, dan perekonomian.

"Semoga peran perempuan Kota Mojokerto, khususnya Muslimat NU ini bisa terus kita tingkatkan kedepannya," ujarnya.

Untuk itu, sebagai pucuk pimpinan organisasi, Ning Ita berharap agar besarnya jumlah keanggotaan PC Muslimat NU bisa diiringi dengan kualitas SDM di berbagai bidang.

Lebih lanjut, Ning Ita menjelaskan, bahwa keterlibatan aktif perempuan dalam berbagai bidang begitu penting. Mengingat hal tersebut dapat menunjukkan sejauh mana Kota Mojokerto dalam melaksanakan pembangunan telah mempertimbangkan aspek gender.

Perlu diketahui, Indeks Pembangunan Gender (IPG) Kota Mojokerto di tahun 2022 telah mencapai angka 93, 47%. IPG adalah suatu indikator yang mengukur tingkat keberhasilan capaian pembangunan yang mengakomodasi persoalan gender.

"Capaian Kota Mojokerto sudah hampir 100 persen. Ini adalah wujud nyata bahwa perempuan-perempuan Kota Mojokerto berdaya," ujar Ning Ita.

Capaian tersebut tentu saja berkat sinergi dengan berbagai pihak, termasuk berbagai organisasi perempuan di Kota Mojokerto. Selain itu juga upaya Pemkot Mojokerto melalui penganggaran yang direncanakan melalui APBD. (ank/inf*)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional