Gelar Media Gathering, Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Beber Persoalan Krusial Logistik Dalam Pemilu - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Gelar Media Gathering, Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Beber Persoalan Krusial Logistik Dalam Pemilu


Mojokerto-(satujurnal.com)

Komisioner KPU Kabupaten Mojokerto berdialog dengan puluhan awak media dalam helatan bertajuk 'Media Gathering Dalam Rangka Kesiapan Pengelolaan Logistik Pemilu 2024' di hotel Lynn Kota Mojokerto, Selasa (5/12/2023).


Ketua KPU Kabupaten Mojokerto Muslim Bukhori mengatakan,  dalam konteks penyelenggaraan Pemilu, logistik menjadi penyangga penyelenggaraan Pemilu yang demokratis. Logistik merupakan barang yang wajib yang tidak sekadar tersedia, namun harus  memenuhi standar yang dibutuhkan untuk penyelenggaraan Pemilu.

Bukhori mengulas hal-hal mendasar terkait ketersediaan logistik Pemilu. Dari kriteria logistik Pemilu, jenis logistik Pemilu, manajemen logistik Pemilu hingga kebijakan pengadaan logistik Pemilu dengan skema e-katalog Nasional.

"Logistik harus didistribusikan tepat waktu mengingat pemungutan suara dilaksanakan secara serentak. Ketika distribusi logistik, seperti kotak suara yang berisi surat suara dan formulir penghitungan suara terlambat datang dan melewati waktu yang telah ditentukan, akan terjadi problem di TPS," katanya.

Tidak saja terjadi pelanggaran keserentakan waktu pemungutan suara, kata Bukhori, namun juga menurunnya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap kinerja penyelenggara Pemilu. 

"Logistik juga harus tepat jumlah. Bakal menjadi persoalan tersendiri apabila terjadi kekurangan maupun kelebihan jumlah logistik yang terdistribusi," cetusnya.

Ujar Bukhori, melihat penting dan strategisnya posisi logistik dalam Pemilu, maka tugas KPU memastikan tata kelola logistik dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

Sementara soal gudang penyimpanan dan pengelolaan logistik, kata Buchori, diperlukan gudang yang leluasa dengan keamanan yang memadahi. Pihaknya menyewa dua gudang Bulog setempat dengan luasan masing-masing sekitar 1.400 meterpersegi. 

Beragam aktivitas yang bisa dikerjakan di gudang logistik. Dari  seting kotak dan bilik suara hingga pengepakan alat kelengkapan TPS, pengepakan formulir serta untuk sortir dan pelipatan surat suara. 

Rupanya soal akses peliputan ke gudang logistik sewaan yang masih satu area dengan gudang Bulog lainnya menjadi hal yang dipertanyakan awak media. Ada kegamangan, jika terjadi proteksi dari pihak Bulog tatkala awak media melakukan tugas peliputan di gudang logistik KPU. 

Bukhori memberi garansi kemudahan akses bagi awak media. Bahkan, pihaknya akan menyiapkan uniform khusus dan id card bagi awak media yang mengakses dan meliput kegiatan di gudang logistik. (one)



Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional